Salin Artikel

NASA Ajak Warga Dunia Terlibat Langkah Awal Perjalanan Manusia ke Mars

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan untuk sampai ke planet Mars? Mungkin masih perlu bertahun-tahun untuk kita bisa benar-benar menginjakkan kaki ke planet merah itu.

Namun, dalam waktu dekat, Anda bisa mencatatkan nama Anda untuk sampai ke Mars dengan cara lain. Cara tersebut adalah dengan mengirimkan nama Anda ke planet merah.

Ide ini dicetuskan oleh Badan Antariksa AS (NASA) sebagai langkah awal perjalanan pertama umat manusia ke planet lain.

Dalam rilis yang disampaikan di situs resmi NASA, mereka mengundang seluruh warga dunia untuk mengirimkan nama untuk proyek ini.

Nantinya, nama tersebut akan dicap menggunakan chip lalu diluncurkan bersama dengan robot penjelajah Mars milik NASA. Robot tersebut dijadwalkan lepas landas dari Bumi pada Juli 2020 dan akan mendarat di permukaan Mars pada Februari 2021.

"Ketika kita bersiap meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang terlibat dalam perjalanan eksplorasi ini," ungkap Thomas Zurbuchen, administrator Direktorat Misi Sains NASA (SMD).

"Ini saat yang menyenangkan bagi NASA, ketika kita memulai perjalanan untuk menjawab pertanyaan mengenai planet tetangga kita, dan bahkan asal usul kehidupan itu sendiri," tegasnya.

Sebagai informasi, robot penjelajah Mars itu akan diluncurkan untuk mencari tanda-tanda kehidupan di masa lalu planet merah. Benda seberat 1.000 kilogram tersebut juga akan menyelidiki iklim dan geologi Mars.

Robot ini juga bertanggung jawab untuk mengumpulkan sampel yang akan dibawa kembali ke Bumi. Tapi yang paling signifikan dari misi robot ini adalah membuka jalan untuk manusia bisa mengeksplorasi Mars.

Bagi Anda yang tertarik untuk berpartisipasi dalam perjalanan ke Mars ini, NASA membuka kesempatan dengan mengakses https://go.nasa.gov/Mars2020Pass

Setelah melengkapi nama, negara, kode pos, dan email, Anda akan mendapatkan souvenir semacam tiket atau boarding pass berisi nama Anda. Kesempatan ini dibuka hingga 30 September 2019.

Di sisi lain, laboratorium NASA akan menempelkan nama Anda pada chip silikon dengan garis teks yang berukuran 75 nanometer. Dalam bentuk nyata, ukuran ini sekitar seperseribu lebar rambut manusia.

Ukuran tersebut memungkinkan NASA menulis satu juta nama dalam sebuah microchip.