Salin Artikel

Sangat Mewah, Firaun Mesir Ini Pakai Perhiasan dari Pecahan Meteorit

Sekitar 29 juta tahun lalu, potongan-potongan kaca kuning tersebut ditemukan di gurun barat Mesir.

Potongan tersebut di perkirakan berasal dari peristiwa tabrakan meteroit di permukaan planet.

Berdasar analisis ahli, potongan kaca itu berisi mineral langka yang disebut reidite, mineral yang hanya terbentuk selama tabrakan meteorit.

Asal muasal potongan kaca berwarna kuning itu akhirnya berhasil terungkap setelah peneliti dari Australia dan Austria melakukan penelitian.

Sebelumnya para ahli memperdebatkan soal dari mana asal serta bagaimana potongan kaca berwarna kuning itu akhirnya sampai di Bumi.

"Ini telah menjadi topik perdebatan, apakah kaca terbentuk selama tabrakan meteorit atau ledakan udara yang terjadi saat asteroid meledak dan menyimpan energi di atmosfer Bumi," kata Aaron Cavosie, peneliti dari Curtin University di Australia, seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (16/5/2019).

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Geology, tim memerika butiran kecil mineral bernama zirkon yang terdapat dalam sampel potongan kaca. Analisis justru menemukan jejak mineral lain yang disebut reidite yang terbentuk dalam tekanan tinggi.

"Tumbukan meteorit menciptkan gelombang kejut yang membentuk mineral bertekanan tinggi. Jadi menemukan bukti reidite menegaskan bahwa potongan kaca tercipta karena dampak meteorit," tambah Cavosie.

Penelitian ini sekaligus memberikan pandangan baru bahwa peristiwa tubrukan meteorit yang jauh lebih langka dan besar dapat menghasilkan potongan kaca seperti yang ditemukan di barat Mesir.