Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serba Serbi Hewan, Benarkah Kucing Takut Ketimun?

Sebagian besar video menunjukkan pemilik kucing diam-diam melempar ketimun saat kucing sedang lahap mengunyah makanan. Tepat saat kucing berbalik dan melihat ketimun, sontak dia melompat atau segera berlari menjauh.

Namun benarkah hewan yang sangat ingin tahu itu takut ketimun dan apa alasannya?

Menurut spesialis perilaku hewan Dr. Roger Mugford, kucing bisa melompat dan berlari dengan cepat saat melihat ketimun karena mereka sangat terkejut.

"Saya pikir reaksi ini disebabkan oleh sesuatu yang tidak terduga. Saat mereka sedang menikmati makanan, kemudian dikejutkan dengan benda asing. Hal yang sama mungkin akan terjadi jika kucing tiba-tiba melihat nanas, mainan laba-laba, atau masker kecantikan," ujar Mugford dilansir IFL Science (16/11/2015).

Dalam rekaman video di bawah ini, dijelaskan juga bahwa kemungkinan kucing mengira ketimun sebagai ular, salah satu musuh bebuyutan kucing.

Pemilik kucing yang sengaja melempar ketimun ke dekat kucing pada dasarnya menipu kucing, membuat kucing berpikir ada predator mematikan atau sesuatu yang berbahaya di dekat mereka. Hal ini pada akhirnya berdampak secara psikologis dan bisa membuat kucing stres.

"Jika kucing merasa terancam, terutama saat sedang makan, mereka bisa kehilangan napsu makan. Jika kucing tidak mau makan, mereka dapat mengembangkan penyakit hati berlemak yang mengancam jiwa," ujar narator dalam video.

"Mereka juga bisa muntah, mogok makan, diare, dan buang air kecil sembarangan. Bila sudah stres, kucing bisa melukai diri sendiri," imbuh dia.

Kucing merupakan makhluk sensitif. Sebagai pemilik dan pecinta kucing, ada baiknya perlakukan mereka dengan penuh perhatian dan jangan terlalu sering menjebak mereka.

https://sains.kompas.com/read/2019/05/19/200200823/serba-serbi-hewan-benarkah-kucing-takut-ketimun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke