Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arkeolog Temukan Kamar Rahasia di Istana Emas Kaisar Nero di Roma

KOMPAS.com - Para arkeolog Italia baru saja menemukan sebuah ruang rahasia di istana Kaisar Nero di Roma. Ruang yang terletak di bawah tanah ini kemudian diberi nama Kamar Sphinx.

Alasan pemberian nama tersebut adalah adanya sebuah lukisan Sphinx yang sangat mencolok.

Meski begitu, ruang yang terletak di dalam istana berjuluk Domus Aurea atau istana emas tersebut juga dihiasi beragam lukisan lain. Gambar lain yang teridentifikasi seperti macan kumbang, centaur, makhluk air, hingga manusia membawa pedang.

Menurut Alfonsina Russo, direktur arkeologi yang mengawal restorasi istana emas ini, kamar tersebut telah tersembunyi selama 2.000 tahun.

Russo mengisahkan, ruang itu ditemukan secara tak sengaja saat memasang perancah pada akhir tahun lalu. Dia menyebut, melihat secercah cahaya dari sudut kamar ini.

"Diterangi oleh cahaya buatan, tiba-tiba muncul sebuah ruangan yang sangat dekat dan dipenuhi dengan lukisan dinding," ungkap Russo dikutip dari The Independent, Kamis (09/05/2019).

Dia juga menyebut kamar ini sebagai temuan yang sangat mengejutkan.

"(Kamar Sphinx) memberi tahu kita tentang suasana dari tahun-tahun masa kerajaan Nero," ujar Russo pada CNN, Kamis (09/05/2019).

Arkeolog asal Italia itu juga mengatakan bahwa kamar rahasia ini memiliki nilai artistik dan arkeologi yang sangat tinggi. Dia berharap bisa mengamati kamar ini lebih lanjut untuk mebawa pada temuan-temuan lain.

"Kamarnya terpelihara dengan baik tetapi perlu dibersihkan dan diperbaiki," kata Russo dilansir dari The Telegraph, Kamis (09/05/2019).

Tetapi, Russo tidak menampik bahwa ada kekhawatiran besar dengan menggali lebih lanjut temuan tersebut.

Pasalnya, kamar ini tertimbun berton-ton tanah. Sehingga pemugarannya bisa membahayakan istana yang dibangun pada tahun 64 masehi itu.

https://sains.kompas.com/read/2019/05/13/190100223/arkeolog-temukan-kamar-rahasia-di-istana-emas-kaisar-nero-di-roma

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke