Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hari Ini Sumsel Panas Luar Biasa, Apa Sebabnya?

PALEMBANG, KOMPAS.com - Cuaca panas yang melanda wilayah di kota Palembang dikarenakan Sumatera Selatan saat ini sedang memasuki musim kemarau.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika(BMKG) Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang Bambang Beni Setiaji mengatakan, musim kemarau di Sumsel secara meterologi ditandai dengan aktifnya Angin Muson Timur (Australia) dengan indikasi arah angin permukaan yang terjadi umumnya dari tenggara.

Minimnya pasokan uap air dan kecepatan angin lapisan atas yang tinggi menghambat pertumbuhan awan. Akibatnya, temperatur udara akan terasa menjadi lebih gerah. 

"Secara normal di Sumsel, curah hujan dan dan kelembapan akan menurun hingga puncak minimum pada Bulan Agustus dan September," kata Beni, dalam pesan singkat, Kamis (9/5/2019).

Dia melanjutkan, seiring aktifnya aktivitas di Samudera Pasifik, yakni El Nino, dan diperkirakan berpotensi hingga akhir yahun 2019 akan menyebabkan minimnya pasokan uap air di wilayah Indonesia, khususnya bagian timur.

Kemudian, walaupun secara global tidak hanya El Nino yang mempengaruhi kondisi cuaca di Sumsel, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan karena akan menambah suhu panas menjadi bertambah.

Perlu diketahui, Osilasi Madden Jullian (Madden Jullian Oscillation) dan Dipol Samudera Hindia (Indian Ocean Dipole) juga bisa menyebabkan potensi terjadinya hujan

"Sebaiknya mewaspadai untuk tidak melakukan pembakaran lahan, dan meminimalkan aktivitas di luar ruangan pada siang hari,"ujarnya.

Sementara itu, untuk perkiraaan cuaca hari ini, Kamis (9/5/2019), pada pagi hari cerah berawan potensi hujan lokal terjadi di wilayah OKI, OKU Selatan dan Muaraenim. Siang hari cerah berawan potensi hujan lokal di wilayah OKI, OKU Selatan, Muaraenim, Lahat dan Empat Lawang.

Lalu, malam hari cerah berawan, sedangkan dini hari cerah berawan dengan udara kabur potensi hujan lokal di wilayah Musi Banyuasin dan OKI.

Untuk suhu udara wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI yakni 25 hingga 33 derajat celcius dengan kelembaban udara 55-98 persen.

Sementara itu, suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat, Pagar Alam dan OKU Selatan adalah 19 – 32 derajat celcius dengan  kelembaban udara 58-100 persen. 

https://sains.kompas.com/read/2019/05/09/201000923/hari-ini-sumsel-panas-luar-biasa-apa-sebabnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke