Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siklon Tropis Lili Tumbuh di Laut Banda, Timur Indonesia Harap Waspada

Berdasar pemantauan pagi tadi pukul 10.00 WIB, bibit siklon tropis 93S mengalami penguatan signifikan, sehingga BMKG menyatakan bibit siklon tropis tersebut sebagai siklon tropis Lili.

Posisi siklon tropis Lili berada di titik koordinat 8,9 LS dan 128,7 BT atau di sekitar perairan Laut Timor atau Selatan Perairan Laut Banda.

Saat ini kecepatan angin maksimum yang ada di pusat siklon mencapai 35 sampai 40 knot dengan tekanan minimum hingga 1000 hPa atau sekitar 65 sampai 74 km/jam. Arah gerak angin terpantau ke Selatan dan Barat Daya.

Jika dibandingkan dengan kecepatan angin kemarin, terjadi peningkatan kecepatan yang signifikan, yakni 2 knots atau 4 km/jam.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengatakan, lahirnya siklon tropis Lili menimbulkan ancaman cuaca ekstrem di wilayah Indonesia Timur dan Timor Leste, meliputi:

- Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang terjadi di wilayah Maluku bagian tenggara, NTT bagian timur, dan Timor Leste.

- Angin dengan kecepatan diatas 25 knot atau 48 km/jam berpeluang terjadi di NTT, Maluku, dan Papua bagian selatan.

- Gelombang dengan ketinggian 1.25 - 2.50 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian utara, Perairan Kepulauan Kei, Aru dan Laut Arafuru bagian timur.

- Gelombang dengan ketinggian 2.50 - 4.0 m berpeluang terjadi di Laut Banda bagian selatan.

- Gelombang dengan ketinggian 4.0 - 6.0 m berpeluang terjadi di Perairan Kep. Sermata, Leti, Kep. Babar, Tanimbar, dan Laut Timor.

"Adanya peningkatan tinggi gelombang akibat Siklon Tropis pada tanggal 08 sampai 11 Mei 2019 di Laut Banda bagian selatan, Perairan Kep. Sermata, Leti, Kep. Babar, Tanimbar, dan Laut Timor perlu diwaspadai karena transportasi laut di sekitar daerah terdampak siklon tropis diperkirakan akan terganggu," tegas Mulyono.

BMKG akan terus memantau perkembangan Siklon Tropis Lili setiap saat melalui Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta.

Masyarakat diiimbau untuk tetap berhati hati pada potensi hujan lebat yang timbul karena juga berpotensi menimbulkan dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

https://sains.kompas.com/read/2019/05/09/145003923/siklon-tropis-lili-tumbuh-di-laut-banda-timur-indonesia-harap-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke