Salin Artikel

Misteri Mesir Kuno, Makam 4.500 Tahun dekat Piramida Giza Dibuka

Mereka menemukan peti mati kayu berwarna-warni dan patung dari batu kapur yang berasal dari periode Old Kingdom (2613-2160 SM).

"Situs di sisi tenggara dataran tinggi Giza berisi makam dari berbagai periode, yang tertua berasal dari dinasti kelima atau sekitar 2500 SM," menurut keterangan kementerian barang antik Mesir seperti dilansir AFP, Minggu (5/5/2019).

Menurut keterangan fotografer AFP yang diijinkan mengakses area penguburan, area dinding dihias dengan aksara kuno, peti matinya dihias dengan lukisan rumit, dan ada patung hewan dan manusia.

Kementerian mengungkap bahwa makam itu milik dua bangsawan, yakni Behnui-Ka yang memiliki tujuh gelar termasuk Imam dan Hakim dan Nwi atau dikenal sebagai Kepala Negara dan orang kepercayaan Firaun Khafre.

Firaun Khafre atau dikenal oleh orang Yunani Kuno sebagai Chephren, semasa hidupnya membangun dua dari tiga piramida Giza yang terkenal.

Ashraf Mohi, Direktur Jenderal Giza Plateau, mengatakan kuburan itu digunakan kembali secara luas selama Periode Akhir, mulai dari awal abad ketujuh SM.

Kementerian itu juga memperlihatkan apa yang dikatakannya adalah peti mati dari Zaman Akhir dengan tulisan hieroglif di tutupnya, bersama dengan topeng penguburan dari kayu dan tanah.

https://sains.kompas.com/read/2019/05/06/143818423/misteri-mesir-kuno-makam-4500-tahun-dekat-piramida-giza-dibuka

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.