Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peringatan Potensi Hujan Lebat Akibat MJO, Bagaimana Fenomena Ini Pengaruhi Cuaca?

KOMPAS.com - Indonesia memasuki akhir musim penghujan pada akhir April ini. Namun, belakangan kita justru mendengar kabar cuaca ekstrem yang menimbulkan sejumlah bencana seperti banjir dan tanah longsor.

Bahkan, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan potensi hujan lebat di sejumlah wilayah pada periode 30 April hingga 06 Mei 2019.

Menurut siaran pers dari BMKG yang diterima Kompas.com, Selasa (30/04/2019), potensi hujan lebat ini terjadi karena adanya aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) di wilayah Indonesia bagian timur.

"Hal tersebut mengakibatkan pembentukan beberapa sirkulasi siklonik di wilayah Laut Sulawesi, Perairan Utara Jawa Timur dan Laut Arafura, serta adanya daerah pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Indonesia," tulis BMKG.

"Kondisi tersebut diprakirakan akan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan terutama di wilayah Indonesia bagian timur pada periode akhir bulan April hingga awal Mei 2019," imbuh mereka.

BMKG menyebut wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode tersebut adalah:
- Kalimantan Timur

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Barat

- Sulawesi Tenggara

- Sulawesi Selatan

- DKI Jakarta

- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Bali

- NTB

- NTT

- Maluku

- Papua Barat

- Papua

Selain itu, beberapa wilayah juga berpotensi mengalami angin kencang. Wilayah-wilayah itu adalah:
- Jawa Barat

- Jawa Tengah

- Jawa Timur

- Bali

- NTB

- Kalimantan Utara

- Kalimantan Timur

- Sulawesi Tengah

- Sulawesi Selatan

- Sulawesi Tenggara

- Maluku

- Papua Barat

- Papua

Tak hanya hujan lebat dan angin kencang, wilayah perairan juga berpotensi mengalami gelombang tinggi 2,5 hingga 4,0 meter. Hal itu diperkirakan terjadi di Samudera Hindia Barat Aceh, Perairan Utara Manokwari, Samudera Pasifik Utara Manokwari hingga Biak, Perairan Utara Biak.

"BMKG menghimbau masyarakat tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang terutama untuk wilayah-wilayah yang telah mendapat hujan berintensitas tinggi dalam beberapa hari kedepan," tegas mereka.

Dari perkiraan itu, sebuah pertanyaan muncul, yaitu bagaimana MJO mempengaruhi cuaca di Indonesia?

Kompas.com mengutip tulisan Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dalam laman blognya. Thomas semula menjelaskan bagaimana cuaca Indonesia tercipta.

"Cuaca di Indonesia secara reguler dipengaruhi oleh siklus angin pasat karena perubahan pemanasan matahari akibat kemiringan sumbu rotasi bumi. Kita mengenal perubahan musim hujan – pancaroba – kemarau – pancaroba – hujan, dan seterusnya sebagai siklus tahunan," tulis Thomas.

"Kadang-kadang terjadi kekeringan atau musim hujan panjang akibat pemanasan di lautan Pasifik (dikenal sebagai fenomena El-Nino/La-Nina) atau pemanasan di samudra Hindia (dikenal sebagai fenomena Indian Dipole-Mode — IOD). Fenomena El-Nino/La-Nina dan IOD biasanya berulang setiap 3 – 7 tahunan," imbuhnya.

Selain dari faktor di atas, ada juga variasi cuaca yang disebut "kemarau basah" (banyak hujan saat kemarau) karena efek pemanasan di perairan sekitar Indonesia.

"Saat ini dikenal juga fenomena MJO yang dampaknya sekitar sepekan yang bisa berulang sekitar 2 bulanan bila fasenya masih aktif," kata Thomas.

"Dampaknya bisa berupa penguatan pembentukan awan yang memicu cuaca ektrem atau pengurangan pembentukan awan yang menyebabkan jeda hujan saat musim hujan," tambahnya.

MJO sendiri adalah kondisi dinamika atmosfer periodik yang bergerak sepanjang wilayah tropik dari barat ke timur dengan periode sekitar 40 hingga 50 hari. Fenomena ini adalah pola yang terlihat di atmosfer ekuator.

"Namun (MJO) tidak selalu aktif," tegas Thomas.

"Contohnya, selama Maret sampai pertengahan April 2019 fenomena MJO dalam kondisi tenang, jadi tidak berdampak apa pun," tambahnya.

Namun, MJO yang terpantau oleh BMKG sejak akhir April ini justru mulai aktif. Hal ini, menurut Thomas, ditandai dengan penguatan pembentukan awan di Samudera Hindia yang bergeser ke wilayah benua maritim Indonesia.

"Saat ini penguatan pembentukan awan berada di wilayah Indonesia, kemudian terus bergeser ke timur menuju Pasifik," tulis Thomas.

"Sampai kapan? Fenomena MJO biasanya berlangsung sekitar sepekan," imbuhnya.

https://sains.kompas.com/read/2019/04/30/143700123/peringatan-potensi-hujan-lebat-akibat-mjo-bagaimana-fenomena-ini-pengaruhi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke