Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Foto Misterius Ini Bikin Netizen Merinding, Berikut Penjelasan Ahli

KOMPAS.com -  Sebuah foto sedang menjadi bahan pembicaraan hangat di internet. Diunggah pertama kali oleh melip0ne di Twitter, foto itu disertai dengan tantangan untuk menyebutkan satu benda di dalam foto.

Anehnya, meskipun benda-benda tersebut tampak tidak asing, tidak ada satu pun yang dapat dikenali. Dalam upaya untuk menebak, banyak netizen yang kemudian merasa tidak nyaman, stres dan merinding.

Melansir Live Science, Kamis (25/4/2019), rasa tidak nyaman netizen ketika melihat foto ini bisa dijelaskan melalui ilmu psikologi dan psikiatri.

Dr Frank McAndrew, seorang profesor psikologi di Knox College, berkata bahwa mencoba untuk menerjemahkan gambar ambigu semacam ini menimbulkan rasa ketidakpastian. Ketika dihadapkan dengan ketidakpastian bila sesuatu berbahaya atau tidak, wajar bila seseorang kemudian jadi merinding.

Selain itu, McAndrew juga berkata bahwa gambar ini mungkin menekan berbagai macam tombol di dalam otak yang membuatnya sulit untuk dikenali dan dimengerti.

Pendapat McAndrew itu disetujui oleh Dr Steven Schlozman, seorang asisten profesor bidang psikiatri di Harvard Medical School.

Dia berkata bahwa tidak peduli seberapa besar upaya otak untuk mengenalinya, foto tersebut tidak berubah menjadi sesuatu yang bisa dikenali. Hal ini semakin menguatkan perasaan tidak nyaman.

“Aku rasa merindingnya karena otak kita berusaha untuk mengenali sebuah pola, dan fokus pada pola itu, tetapi pola yang diharapkan selalu diganggu oleh pola lain yang mungkin akan dikenali,” ujarnya.

Dia mengatakan hal tersebut dari pengalaman pribadi mencoba untuk menebak foto misterius tersebut. “Aku bisa mengerti sebagian, tetapi tidak pernah cukup untuk mengetahui apa yang sedang kulihat,” imbuhnya.

Menjawab kebingungan netizen dan dua pakar tersebut; Janelle Shane, seorang peneliti teknik listrik yang melatih jaringan neural, menduga bahwa foto ambigu itu dibuat oleh kecerdasan buatan atau AI.

Dia bahkan 95 persen yakin bahwa pembuat foto tersebut adalah BigGAN, alogaritma Google yang memang dilatih untuk menciptakan foto baru dengan menggabungkan banyak foto.

Oleh karena itu, Shane tidak heran bila barang-barang dalam foto tersebut tidak ada yang bisa dikenali. Barang-barang tersebut memang tidak ada di dunia nyata, melainkan merupakan gabungan dari berbagai obyek.

Hasilnya adalah benda-benda yang tampaknya tidak asing, tetapi juga tidak bisa dikenali secara pasti.

https://sains.kompas.com/read/2019/04/27/190700423/foto-misterius-ini-bikin-netizen-merinding-berikut-penjelasan-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke