Salin Artikel

Serba Serbi Hewan: Gajah dan Manusia Siapa Paling Jago Renang?

Kalau ada yang berpikir gajah tidak bisa berenang, mungkin Anda tertipu dengan bentuk fisiknya. Jangan salah, meski gajah memiliki tubuh jumbo mereka adalah perenang handal.

Tubuh besar dengan kulit tebal justru membantu gajah mengapung dengan mudah. Bahkan jika mau, gajah mampu berenang sejauh 48 kilometer dalam sehari.

Lantas bagaimana cara renang gajah?

Sama seperti anjing dan mamalia lain, gajah berenang dengan menenggelamkan sebagian besar tubuh - dari mulut sampai kaki - dan hanya menyisakan kepala.

Untuk mendayung, mereka memakai keempat kaki. Sesekali gajah merentangkan telapak kaki untuk membantu mendorong air.

Namun gajah lebih beruntung dibanding mamalia lain karena mereka memiliki belalai panjang. Belalai gajah sangat fleksibel dan berfungsi seperti alat snorkel yang memungkinkan mereka tetap bisa bernapas normal dan tak akan kepayahan ketika berenang jarak jauh.

Riset terbaru menduga, gajah pandai berenang karena mungkin mereka telah berevolusi dari mamalia seperti sea cow atau lembu laut.

Selain lihai berenang, hewan asal daratan Asia ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang telah kami rangkum dari Wild Animal Park.

Gajah suka air

Sebagai perenang handal, gajah adalah hewan yang sangat suka dengan air.  Mereka bisa menyelupkan wajah ke dalam air untuk waktu cukup lama.

Hobi bermain air sepertinya sudah ada sejak gajah masih bayi.

Ketika sedang ada di kubangan kolam, bayi gajah akan naik ke punggung gajah dewasa kemudian melompat ke dalam air. Mereka juga suka bermain semprot air dengan menggunakan belalai.

Jika cuaca sedang sangat terik, mereka akan berendam di kubangan lumpur untuk mendinginkan tubuh dan bersantai.

Perenang jarak jauh

Sudah disinggung di atas, gajah mampu berenang sejauh 48 kilometer dalam sehari.

Perlu diingat, gajah mampu berjalan sejauh 128 kilometer per hari untuk mencari makan dan air. Itu artinya mereka memiliki otot kaki yang kuat untuk mengayuh lama dan menyeberang ke tempat jauh.

Bisa dibilang gajah tidak mudah lelah ketika berenang. Namun jika hal itu terjadi, gajah biasanya akan beristirahat selama beberapa saat dengan cara mengapung.

Ketika sudah berenang lama dan cukup jauh, gajah jadi mudah lapar dan haus sehingga mereka akan bergegas mengayuh kaki lebih cepat agar sampai daratan.

Kini, jangan remehkan kemampuan gajah dalam urusan berenang karena bisa jadi mereka lebih jago dibanding manusia. Apalagi studi mengungkap bahwa hanya ada dua mamalia yang harus diajari berenang, mereka adalah primata dan manusia.

https://sains.kompas.com/read/2019/04/23/094700123/serba-serbi-hewan--gajah-dan-manusia-siapa-paling-jago-renang-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.