Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Dua Gorila yang Berpose di Hadapan Kamera bersama Penjaga

Dilansir dari The Independent, sepasang gorila gunung didapati berpose unik. Mereka bergaya seperti manusia yang hendak difoto, dalam selfie yang dilakukan oleh penjaga hutan.

Seperti diketahui, gorila gunung saat ini berada di ambang kepunahan karena ancaman perburuan liar dan kerusakan habitat.

Virunga terletak di wilayah timur pegunungan Kongo dan merupakan taman nasional pertama yang didirikan di benua Afrika. Taman nasional ini khusus untuk melindungi gorila di daerah tersebut.

Kemudian, Shamavu mengunggah foto selfie unik ini di media sosial, tepatnya akun "The Elite Anti Poaching Units And Combat Trackers" dan mendapat respons yang luar biasa, terutama di antara kelompok-kelompok anti-perburuan liar.

Dalam unggahan itu, Shamavu menuliskan caption, "rutinitas kantor".

Hingga saat ini, foto dirinya tengah berfoto bersama sepasang primata ini telah disukai sebanyak lebih dari 25.000 akun Facebook dan telah dibagikan lebih dari 20.000 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Sejumlah pengguna Facebook juga memuji pekerjaan para konservasionis dan berjanji untuk untuk memberikan donasi.

Upaya konservasi yang berkelanjutan telah membawa para gorila kembali dari keadaan berbahaya. Namun, populasi liarnya masih sangat tertekan, yakni hanya 1.000 individu yang tersisa di alam liar.

Dua gorila yang tertangkap kamera itu merupakan gorila yatim piatu yang orangtuanya menjadi korban pemburu.

Mereka dibesarkan di unit spesialis di markas taman nasional, karena mereka mungkin berjuang untuk bertahan hidup secara mandiri di mana mereka terbiasa dengan kontak manusia.

Sebuah tim yang terdiri dari 600 petugas bekerja di seberang taman untuk menjaga satwa liar agar tetap aman dari pemburu liar dan gangguan manusia. Adapun, wilayah ini telah terkena dampak perang dan konflik yang berkecamuk selama lebih dari 20 tahun.

Sementara itu, mantan jurnalis BBC yang sekarang bekerja untuk PBB di Kenya, Yvonne Ndege juga membagikan foto sepasang gorila gunung tersebut di Twitter dengan caption, "Selfie terbaik tahun ini, tak diragukan lagi!".

Ndege mengungkapkan bahwa dia juga mengunjungi taman nasional tersebut, tetapi tidak pernah sedekat itu dengan para gorila gunung.

Selain itu, Ndege juga meminta masyarakat untuk mendukung pekerjaan taman nasional dan membantu upaya menjaga ekosistem gorila dengan berdonasi.

https://sains.kompas.com/read/2019/04/22/232300223/kisah-dua-gorila-yang-berpose-di-hadapan-kamera-bersama-penjaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke