Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Murah dan Sehat, Ini 10 Salad Indonesia yang Tak Kalah dari Versi Bule

Namun, tahukah Anda bahwa Indonesia juga memiliki racikan salad lokal yang sama-sama menggugah selera makan.

Beberapa hidangan salad khas Indonesia antara lain pecel, gado-gado, karedok, lotek, rujak cingur, dan masih banyak lagi.

Bedanya dengan salad bule, salad Indonesia menggunakan sambal kacang atau saus unik selain mayones. Mari kita bahas aneka hidangan salad khas Indonesia itu satu persatu.

1. Pecel

Pecel merupakan hidangan berupa sayuran rebus dan disiram bumbu sambal kacang.

Makanan populer di kawasan Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur ini biasanya terdiri dari kangkung, kacang panjang, taoge, mentimun, daun bayam dan daun kemangi.

Bumbu sambal kacang yang disiram di atas sayuran rebus terbuat dari kencur, gula merah, garam, cabai, jeruk purut, dan kacang tanah.

2. Gado-gado

Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu saus kacang atau dimakan bersama nasi putih.

Di berbagai daerah Indonesia, ada beragam jenis gado-gado, misalnya gado-gado Jakarta, Surabaya, dan Padang.

Dari macam gado-gado yang ada, salah satu yang berbeda adalah gado-gado Solo karena sebagian sayurannya mentah.

3. Lotek

Lotek juga terbuat dari sayuran rebus dan dicampur dengan bumbu kacang.

Sepintas lotek hampir mirip dengan gado-gado, tapi bedanya bumbu sambal sering ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Inilah mengapa lotek lebih terasa manis dibanding pecel atau gado-gado.

4. Karedok

Berbeda dengan pecel, lotek dan gado-gado yang menggunakan sayuran rebus, karedok asli Jawa Barat menggunakan sayur mentah. Hal inilah yang membut karedok lebih segar.

Sama seperti jenis salad lokal yang disebutkan di atas, karedok juga diberi bumbu kacang yang dibuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.

Seperti artikel yang tayang di Kompas.com dengan judul "Salad Asli Indonesia" edisi 13 Agustus 2010, karedok mengandung beberapa vitamin termasuk vitamin C, B kompleks, A, D, dan E.

Meski cukup enak disantap sebagai makanan pembuka, karedok lebih cocok dijadikan makanan pendamping bersama nasi hangat dan lauk pauk.

5. Rujak Cingur

Cingur sendiri memiliki arti moncong (mulut sapi).

6. Asinan Bogor

Selain itu, asinan bogor juga tidak hanya terdiri dari sayuran melainkan buah-buahan juga.

Sebagai ganti saus kacang, salad khas Indonesia yang satu ini menggunakan air cuka sehingga memiliki cita-rasa asam, pedas, manis, dan menyegarkan. Namun tetap ada butiran kacang goreng di dalamnya.

Rasa segar lebih terasa jika asinan sayur ini lebih dulu disimpan sejenak di dalam kulkas.

Dari sisi gizi, asinan ini sangat baik karena terdiri atas beragam bahan pangan. Dibandingkan dengan sayuran yang dimasak, nilai nutrisinya lebih terjaga utuh pada asinan bogor.

Potensi kandungan bakteri pada asinan juga lebih rendah karena cuka dan cabai yang digunakan untuk bumbu memiliki sifat antimikroba.

7. Urap

Makanan khas dari Jawa ini menggunakan berbagai macam jenis sayuran mentah. Selain itu bumbu yang digunakan berupa parutan kelapa dengan aneka bumbu-bumbu khas Indonesia seperti kencur, cabai, dsb.

Trancam/Urap ini memiliki teksture kering tidak berkuah seperti yang lainnya.

8. Rujak Bulung dari Bali

Menu makanan yang satu ini sadalah khas dari Pulau Dewata, Bali.

Ini merupakan varian unik dari salad khas Indonesia karena tidak menggunakan sayur-mayur melainkan dari rumput laut segar.

Sama seperti terancam, bumbu yang digunakan dalam rujak bulung bukan saus kacang melainkan parutan kelapa dengan bumbu-bumbu khas.

Cita rasa rujak bulung sangat menyegarkan, cocok dengan suasana pantai di Bali yang panas.

9. Rujak Pengantin / Asinan Betawi

Rujak pengantin menggunakan bahan dasar dari sayur-mayur rebus dengan disiram bumbu kacang encer.

Seperti namanya, rujak pengantin jarang ditemui di hari-hari biasa, tetapi sering ada dalam hajatan pernikahan betawi.

Yang menjadikan sambal kacang dalam rujak pengantin berbeda dengan yang lain adalah terdapat tambahan ebi di dalamnya.

Selain itu, rujak pengantin tidak direndam dalam air cuka, kecuali sawi asin. Saat hendak dihidangkan, bahan-bahan ditata di atas piring, kemudian disiram saus kacang dan ditaburi kerupuk.

10. Pecel semanggi

Pecel Semanggi merupakan salad khas Surabaya. Seperti namanya, pecel semanggi, kudapan satu ini berbahan dasar daun semanggi (Marsilea crenata) yang dikukus.

Sayuran lain yang ditambahkan adalah taoge rebus. Saus yang digunakan sama dengan saus kacang untuk pecel, tetapi ditambahkan ketela rambat yang dihaluskan bersama petis udang.

Pecel semanggi hanya cocok dimakan sebagai makanan pembuka selera dan tidak cocok dikombinasikan dengan nasi, lontong, dan lainnya.

https://sains.kompas.com/read/2019/04/04/190200123/murah-dan-sehat-ini-10-salad-indonesia-yang-tak-kalah-dari-versi-bule

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke