Salin Artikel

Pertama dalam Sejarah, NASA Potret Interaksi Gelombang Supersonik

Ini merupakan bagian dari penelitian  pengembangan pesawat yang terbang lebih cepat dan tanpa suara menggelegar.

Ketika pesawat melewati ambang batas 1.225 kilometer per jam di atas permukaan laut, maka akan muncul gelombang dari tekanan yang dihasilkan udara di sekitarnya. Hal ini menyebabkan suara yang memekakkan telinga.

Di bawah manuver rumit oleh pilot dari Pusat Penelitian Penerbangan Armstrong NASA di California, dua jet T-38 supersonik terbang terpisah dengan jarak sembilan meter dan salah satunya memotretnya dengan kamera canggih berkecapatan tinggi.

Pertemuan keduanya pada ketinggian 9.000 meter menghasilkan gambar memukai dari gelombang kejut yang berasal dari kedua pesawat.

"Dengan pesawat jet tepat di belakang yang lain, bentuk gelombang kejut akan berbeda," ujar Neal Smith dari AerospaceComputing Inc, sebuah perusahaan teknik yang bekerja dengan NASA.

"Data ini akan membantu kita memajukan pemahaman tentang bagaimana guncangan itu bereaksi," imbuhnya.

Kemampuan menangkap gambar gelombang kejut dengan detail, berperan penting dalam pengembangan X-59 NASA. Sebuah pesawat supersonik eksperimental yang diharapkan mampu meredam ledakan sonik menjadi gemuruh.

Terobosan seperti itu dapat melonggarkan aturan penerbangan, serta mengembalikan operasional pesawat supersonik komersial sejak Concorde pensiun pada 2003.

Untuk diketahui, sejumlah negara dan kota melarang pesawat buatan Perancis-Inggris melintasi wilayah udara mereka dengan alasan ledakan soniknya.