Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebun Binatang London Bagikan Hasil Rontgen Hewan

KOMPAS.com - Rontgen pada tubuh manusia adalah hal yang lumrah dan mudah ditemui. Tapi bagaimana jika rontgen tubuh hewan?

Baru-baru ini tim dokter hewan ahli di Kebun Binatang London ZSL membagikan beberapa foto rontgen pilihan yang dibuat selama pemeriksaan kesehatan rutin terhadap 18.000 hewan.

Gambar-gambar itu disebut bisa mengungkapkan cara kerja bagian dalam berbagai spesies yang berbeda, termasuk katak, ular, tokek, dan kura-kura. Hasil rontgen ini juga bisa memberikan wawasan berharga bagi tim dokter hewan.

"Kita bisa tahu banyak tentang kesehatan hewan dari melihat sinar-X - dari kekuatan tulang mereka hingga seberapa sehat jantung mereka," kata Heather Macintosh, perawat hewan Kebun Binatang ZSL London dikutip dari BBC, Senin (18/02/2019).

Macintosh menyebut proses rontgen ini merupakan hal yang sangat penting. Ketika melihat gambar hasil rontgen tersebut, dia mengatakan itu sangat menarik.

"Kebanyakan orang dapat mengenali X-ray manusia, tetapi mereka mungkin belum melihat segmen individu dari exoskeleton armadillo berbulu besar atau tulang ekor panjang dari kura-kura berkepala besar," kata Macintosh.

"Sinar-X favorit saya pastinya adalah ular - manusia memiliki 33 tulang belakang, sedangkan ular memiliki antara 200 dan 400, yang merupakan cara mereka sangat lincah - sungguh menakjubkan melihatnya di layar," sambungnya.

Foto-foto itu dirilis bertepatan dengan acara Vets in Action ZSL, yang bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang pekerjaan yang berlangsung di belakang layar kebun binatang tersebut.

https://sains.kompas.com/read/2019/02/20/200600423/kebun-binatang-london-bagikan-hasil-rontgen-hewan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke