Salin Artikel

Catat, 8 Janji dan Mimpi Prabowo Kalau Terpilih Jadi Presiden

KOMPAS.com - Debat calon presiden putaran kedua sudah selesai dilaksanakan di hotel Sultan, Tanah Abang, Jakarta pada Minggu (17/2/2019).

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto memberi sejumlah janji yang berkaitan dengan energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Berikut, 8 janji Prabowo yang harus Anda catat dan ingat bila dia terpilih menjadi Presiden selanjutnya.

1. Membangun kemandirian dalam hal pangan, energi, dan air

Bagi Prabowo, infrastruktur, pangan, energi, sumber daya alam, dan lingkungan hidup merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan bangsa.

Untuk itu dia memiliki visi membangun kemandirian untuk menjadi negara berhasil, yakni dengan swasembada tiga hal paling utama.

"Kita harus swasembada pangan, swasembada energi, swasembada air, agar kita bisa survive sebagai suatu bangsa," ungkapnya.

Mengutip PBB, Prabowo mengatakan pangan, energi, dan air merupakan tiga masalah utama yang dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu negara.

Ia berjanji akan membuat bangsa Indonesia berhasil dengan memenuhi pangan, energi, dan air tanpa impor.

2. Menjamin pangan dengan harga terjangkau dan produsen pangan sejahtera

Jika Prabowo berkuasa nanti, dia berjanji akan menjamin ketersediaan pangan.

"Kami kalau berkuasa nanti insya Allah dapat mandat dari rakyat, kami akan menjamin pangan tersedia dengan harga terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo.

Selain ketersediaan pangan, dia juga berjanji akan menjamin kesejahteraan hidup para produsen pangan  dengan penghasilan yang sesuai.

"Petani, peternak, penambak, dan nelayan harus mendapatkan imbalan penghasilan yang memadai. Itu komitmen kami," katanya.

4. Menurunkan harga di pasaran

Selain meningkatkan penghasilan, lawan dari Presiden Joko Widodo itu optimis dapat menurunkan harga yang ada di pasaran.

Harga yang dimaksud meliputi harga listrik, makanan pokok, dan pupuk untuk bercocok tanam.

"Kami juga akan segera turunkan harga listrik, harga makanan-makanan pokok, dan kami akan menyiapkan pupuk dalam keadaan jumlah berapa yang dibutuhkan. Kami akan siapkan sampai ke petani. Ini komitmen kami. Kami yakin Indonesia bisa berdiri di atas kaki kita sendiri," katanya.

5. Menjaga kekayaan Indonesia tidak jatuh ke negara lain

Prabowo berjanji untuk mengamankan semua sumber ekonomi Indonesia.

"Kita akan menjaga pundi-pundi bangsa Indonesia supaya kekayaan kita tidak mengalir ke luar negeri," ujar mantan Wakil Komandan Detasemen Penanggulangan Teror di Komando Pasukan Khusus (Kopasus).

Menurut Prabowo, masalah yang sedang dihadapi saat ini adalah kekayaan bangsa Indonesia sebenarnya tidak ada di Indonesia dan dia mengajak seluruh bangsa untuk mencari pemecahan masalah.

6. Masalah infrastruktur harus untuk rakyat, bukan rakyat untuk infrastruktur

Prabowo menegaskan, infrastruktur harus ditujukan dan digunakan sepenuhnya untuk rakyat.

Dalam masalah tersebut Prabowo menyinggung masalah penggelontoran dana untuk infrastruktur yang perlu perencanaan matang sehingga tidak membuat banyak utang.

"Bagaimanapun kita harus mencadangkan biaya untuk ganti rugi kepada masyarakat yang tanahnya diambil atau memindahkan kehidupan mereka. Tidak bisa serta merta, mereka dirampas tanahnya tanpa ada penyaluran dan pengalihan kehidupan mereka," kata Prabowo.

"Saya kira ini adalah pendekatan kerakyatan yang saya selalu bicarakan bahwa infrastruktur sangat sangat penting, tapi tentunya infrastruktur harus berorientasi kepada kepentingan yang besar," tutupnya.

Menurut Prabowo, hal itu guna meningkatkan produksi dan kompetitif bangsa.

7. Manfaatkan kelapa sawit untuk menjadi biofuel dan biodiesel

Seperti pangan, Prabowo Subianto mengatakan akan mampu membuat swasembada di bidang energi dan kelapa sawit.

Dia akan memanfaatkan semua produk kelapa sawit menjadi biofuel dan biodiesel, hal itu untuk meningkatkan pendapatan petani.

"Kita bisa meningkatkan harga dan juga kita harus konsekuen untuk meningkatkan kesejahteraan mereka PIR harus dilaksanakan. Ya pola PIR yaitu Perkebunan Inti rakyat dan harus kita ubah tidak 20 persen untuk 80 persen adalah plasma 20 persen inti," ungkapnya.

Selain itu, dia juga akan memanfaatkan kelapa sawit untuk menjadi tambahan bahan bakar.

"Karena kita dalam waktu dekat akan jadi net importir. Kita akan imbalan seratus persen bahan bakar minyak dan sekarang punya peluang dari kelapa sawit," ujarnya.

8. Mendisiplinkan perusahaan besar untuk hadapi masalah lingkungan

Dia berjanji akan menegakkan pemerintah yang bersih dengan cara tidak akan ada kongkalikong dengan perusahaan yang melanggar dan membuat pencemaran lingkungan.

"Sebagai contoh saya akan pisahkan menteri kehutanan sama lingkungan hidup, yang satu kita harus mengawasi menteri departemen kehutanan. Jadi ini segera akan kita pisahkan sehingga kita akan benar benar menegakkan masalah lingkungan hidup, tidak jadi satu (dengan kehutanan)," kata Prabowo.

Dia juga akan memperketat amdal sehingga tidak ada jalan pintas dan legal.

https://sains.kompas.com/read/2019/02/18/102949323/catat-8-janji-dan-mimpi-prabowo-kalau-terpilih-jadi-presiden

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.