Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lawan Perburuan Trenggiling, Ahli Bikin Video Kehidupan Malamnya

Trenggiling adalah mamalia bersisik yang ukurannya sebesar kucing. Mereka akan menggulungkan badan bak bola saat ada dalam bahaya.

Video yang menunjukkan si pemalu trenggiling sedang menduduki ekornya sambil menggenggam pohon diabadikan  oleh konservasionis kebun binatang Chester.

Dari kamera jarak jauh yang terpasang, tertangkap bagaimana seekor trenggiling dewasa menggendong bayinya sambil mengais semak belukar.

Lewat video ini, para ahli berharap dapat memberi wawasan lebih tentang hewan nokturnal yang menjadi salah satu mamalia paling banyak diburu di seluruh dunia dan membuatnya sangat langka.

"Trenggiling raksasa yang dipelihara di kebun binatang atau taman safari di seluruh dunia sangat sedikit. Semua konservasi fokus berupaya untuk menyelamatkan mereka di alam liar," kata Stuart Nixon dari kebun binatang Chester sekaligus pemimpin studi.

"Kami berpacu dengan jaringan kriminal yang hanya menghargai trenggiling mati. Ini semua demi menyelamatkan spesies dan melindunginya di masa depan," imbuhnya.

Trenggiling raksasa hidup di sana bersama badak yang juga dilindungi dan jumlahnya di alam liar semakin terancam karena perburuan liar.

"Untuk merekam mamalia nokturnal yang sangat pemalu, kami hanya bisa mengandalkan teknologi seperti kamera jejak dengan sensitivitas tinggi. Lewat ini kita semua dapat mempelajari kehidupan mereka, termasuk interaksi dan bagaimana lingkungan mereka," imbuh Nixon.

Sam Mwandha, direktur eksekutif Otoritas Margasatwa Uganda mengaku rekaman trenggiling raksasa yang dibuat Nixon sangat menarik.

Mwandha menekankan perlunya melindungi dan melestarikan spesies yang sangat terancam punah untuk generasi masa depan.

https://sains.kompas.com/read/2019/02/15/180300223/lawan-perburuan-trenggiling-ahli-bikin-video-kehidupan-malamnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke