Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih dari 40 Mumi Kuno Ditemukan di Mesir, Ada Anjing dan Anak-anak

Melansir AFP, untuk menemukan mumi dari zaman Pletomalk, para ahli harus menuruni tangga dan melewati ruang bawah tanah di Tunah Al-Gabal, 260 kilometer dari selatan Kairo.

"40 mumi ditemukan, termasuk 12 (mumi) anak-anak dan hewan di antara mumi pria dan wanita dewasa," kata Rami Rasmi seorang arkeolog yang terlibat dalam penggalian.

Hewan yang paling banyak dimumifikasi adalah anjing.  Hal ini menunjukkan bahwa mereka sangat penting bagi pemiliknya dan telah bersahabat dengan manusia sejak lama.

Semua mumi ditemukan terbaring di lantai atau peti mati yang terbuat dari tanah liat di sebuah ruang bekas reruntuhan pemerintahan Minya.

Meski mumifikasi dikaitkan dengan Mesir Kuno, praktik ini sebenarnya masih dijalankan hingga pemerintahan kerajaan Ptolemaik yang dikuasai Aleksander Agng dari 323 SM sampai 30 SM.

Pemakaman Minya sudah ditemukan sejak dilakukan penggalian pada Februari tahun lalu.

"Karena ini merupakan makam komunal, maka orang-orang yang dikuburkan di sana kemungkinan adalah kerabat  borjuis," kata Pemerintah setempat.

Mohamed Ragab yang juga seorang arkeolog berkata ia dan tim telah menemukan dua makam yang letaknya sembilan meter di bawah tanah dan memiliki enam ruangan.

Pecahan-pecahan tembikar dan potongan papirus yang ditemukan di situs tersebut membantu para peneliti untuk menentukan usia makam beserta mumi-mumi yang ada di dalamnya.

https://sains.kompas.com/read/2019/02/08/190000523/lebih-dari-40-mumi-kuno-ditemukan-di-mesir-ada-anjing-dan-anak-anak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke