Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Elon Musk Pamerkan Roket Terbaru SpaceX yang Bergaya Retro

KOMPAS.com - Elon Musk baru saja memamerkan foto roket eksperimental terbarunya. Roket baja yang bergaya retro ini disebut Starship suatu hari nanti dapat membawa orang ke Bulan dan Mars.

Musk mengunggah gambar wahana berjuluk "test hopper" itu melalui akun twitternya pada Kamis (10/01/2019) malam. Gambar tersebut diunggah langsung dari fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas.

"Roket uji penerbangan Starship baru saja selsai perakitan di lokasi peluncuran @SpaceX Texas. Ini adalah gambar yang sebenarnya, bukan buatan," kucau Musk melalui akun twitternya.

Melansir dari Phys.org, Jumat (11/01/2019), purwarupa roket ini menunggu tes penerbangan pertamanya di Texas beberapa minggu mendatang.

Purwarupa itu berdiameter 8 meter, seperti roket masa depan, tapi lebih pendek.

Ini adalah uji penerbangan perdananya.

Starship akan membawa "test hopper karena nantinya akan melaju dengan lompatan yang mendorongnya 5 kilometer ke udara.

Dilansir dari Science Alert, Minggu (13/01/2019), dalam tweetnya, Musk menegaskan test hopper akan berguna untuk tes suborbital.

Purwarupa orbital diharapkan siap bulan Juni yang akan datang. Nantinya, versi orbital akan dipasangkan dengan roket pendorong besar yang dikenal sebagai Super Heavy.

Musk juga menjelaskan dalam kapal operasionalnya nanti, roket ini akan memiliki jendela.

Starship skala penuh dijadwalkan untuk meluncurkan manusia ke Bulan dan Mars pertama kalinya pada 2023. Musk mengatakan, dia berharap untuk meluncurkan awak pertama ke Mars pertengahan 2020-an, mungkin pada awal 2024 dantiba di planet merah pada 2025.

Dia juga menggambarkan Starship sebagai roket "Tintin", seri komik Belgia.

"Saya suka desain roket 'Tintin', jadi saya agak ingin bias ke arah itu," kata Musk dalam konferensi pers bulan September.

https://sains.kompas.com/read/2019/01/13/192302123/elon-musk-pamerkan-roket-terbaru-spacex-yang-bergaya-retro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke