Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wahana New Horizons Capai Objek Antariksa Terjauh

Tepuk tangan dan sorak sorai menggema di ruang pengendali misi di Laboratorium Fisika Terapan, Universitas Johns Hopkins, Negara Bagian Maryland, AS, setelah diumumkan bahwa wahana itu berfungsi dengan baik, dan berhasil mengumpulkan foto-foto dan data dari objek yang dikenal dengan nama Ultima Thule.

"Kami memiliki wahana luar angkasa yang berada dalam kondisi sehat. Kami telah mencapai penerbangan terjauh," kata Manajer Operasional Misi, Alice Bowman.

NASA mengatakan data yang akan dikirim ke Bumi dalam bulan-bulan mendatang, akan meningkatkan pemahaman tentang asal-usul tata surya kita.

Ultima Thule berada di kawasan yang dikenal dengan sebutan Sabuk Kuiper, kumpulan materi beku yang mengelilingi Matahari lebih jauh 2 miliar kilometer ketimbang Neptunus dan 1,5 miliar kilometer lebih jauh dari Pluto yang dikunjungi New Horizons pada 2015.

Diperkirakan ada ratusan ribu anggota Sabuk Kuiper seperti Ultima. Kondisi beku objek luar angkasa ini hampir dipastikan menyimpan petunjuk mengenai kondisi pembentukan tata surya 4,6 miliar tahun lalu.

Foto beresolusi tinggi pertama dari Ultima Thule diperkirakan paling cepat tiba di Bumi pada Februari mendatang.

Meski demikian, menurut ilmuwan Alan Stern, hal ini tidak menunda penyelidikan.

"Foto-foto (beresolusi rendah) yang akan tiba pekan ini akan mengungkap geologi dasar dan struktur Ultima dan kami akan mulai menulis makalah ilmiah pertama pekan depan," pungkasnya.

https://sains.kompas.com/read/2019/01/02/122800723/wahana-new-horizons-capai-objek-antariksa-terjauh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke