Salin Artikel

Pasca Tsunami Banten, Puluhan Penyu Berhasil Diselamatkan

Tsunami Banten yang menyapu wilayah pantai di Selat Sunda dipicu oleh longsoran Gunung Anak Krakatau. Fenomena ini menewaskan sedikitnya 430 orang dan hampir 160 orang masih hilang.

Tim penyelamat terus melakukan pencarian ke daerah yang terdampak bencana dengan harapan menemukan warga yang masih selamat. Namun seperti dilaporkan Guardian, para relawan justru kerap menemukan penyu terdampar.

Penyu-penyu ini tidak bisa kembali ke laut karena mereka terjebak di reruntuhan, terbalik, atau berada di lokasi yang terlalu jauh dari pantai.

Hingga saat ini, ada lebih dari 30 penyu yang sudah dikembalikan ke laut.

Salah satu tim yang melakukan penyelamatan penyu adalah Eko Sulistio. Ia mengorganisir tim beranggotakan tujuh orang untuk menyelamatkan penyu.

Timnya berhasil menyelamatkan lebih dari 20 penyu, termasuk penyu tempayan, penyu sisik, dan penyu hijau yang tergolong spesies terancam punah dan sangat tergantung pada habitat asli.

Sementara itu, kelompok lain yang dipimpin Badan Konservasi Alam Serang berhasil menyelamatkan 13 penyu lain.

Sulistio mengatakan, beberapa penyu yang ditemukannya berada di titik satu kilometer dari bibir pantai, kemudian ada yang tersangkut sampah laut, atau dalam posisi terbalik.

Banyak penyu yang ditemukan di dekat resor Tanjung Lesung, di mana ada lebih dari 100 orang tewas akibat tsunami.

Untuk mengembalikannya ke laut, para relawan menggunakan terpal, karung beras, dan tongkat.

Menurut pemberitaan AFP, ada satu penyu seberat 30 kilogram yang terjebak di tumpukan sampah dan dalam kondisi terbalik. Penyu itu harus diangkat empat orang untuk kembali ke laut.

Dehidrasi, kelaparan, dan predasi bukan satu-satunya ancaman penyu yang terdampar.

"Beberapa nelayan mencoba mengambil penyu, mungkin untuk dimakan, dan saya melarangnya," kata Sulistio kepada Guardian.

"Mereka membawa penyu itu dengan sepeda motor, tapi saya menghentikannya dan memperingatkan mereka bahwa penyu dilindungi hukum," imbuh dia.

Penyelamatan lebih dari 30 penyu mungkin bisa menjadi penghiburan kecil di antara banyak kehilangan yang telah dialami korban bencana. Meski demikian, hal ini bisa jadi secercah harapan kecil di tengah badai.

https://sains.kompas.com/read/2018/12/31/175111523/pasca-tsunami-banten-puluhan-penyu-berhasil-diselamatkan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.