Salin Artikel

Punya 4 Jenis Bulu, Ini Rupa Asli Reptil Purba Pterosaurus

KOMPAS.com - Pterosaurus, reptil terbang yang hidup di zaman dinosaurus, ternyata memiliki empat jenis bulu pada tubuhnya.

Temuan ini berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim palentologi terhadap dua spesimen pterosaurus yang ditemukan di China.

Pterosaurus merupakan reptil terbang yang hidup berdampingan dengan dinosaurus sekitar 230 hingga 66 juta tahun lalu atau berasal dari periode Trias ke periode Cretaceous. Selama ini, Pterosaurus sering digambarkan sebagai reptil bersisik.

Namun, kemudian peneliti mengetahui jika beberapa kelompok dari pterosaurus memiliki bulu yang disebut sebagai pycnofiber, hanya saja bulu-bulu tersebut berbeda dengan dinosaurus non-avian dan avian.

Kini peneliti dari Nanjing University di China, Baoyu Jiang bersama rekan-rekannya memutuskan untuk mempelajari kembali spesimen yang ditemukan di situs bernama Yanliao Biota itu.

Penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Nature Ecology & Evolution, menunjukkan bahwa pterosaurus memiliki 4 jenis bulu, yakni filamen sederhana, kumpulan filamen,filamen dengan seberkas bulu, dan bulu bawah.

Tim juga mengungkapkan beberapa gagasan mengenai bagaimana pterosaurus menggunakan bulu mereka.

Bisa jadi bulu-bulu mereka berfungsi untuk merasakan sentuhan atau untuk menyederhanakan penerbangan. Pengamatan kemudian juga menunjukkan jika bulu-bulu pterosaurus berwarna coklat kemerahan. Jadi ada kemungkinan juga jika pterosaurus menggunakan bulu warna-warni mereka untuk kamuflase.

"Bulu-bulu pada pterosaurus merupakan fitur yang sangat unik dan tidak pernah terlihat sebelumnya," kata Steve Brusatte, paleontolog dari University of Edinburgh Skotlandia.

Pterosaurus bukanlah satu-satunya mahluk purba yang memiliki jenis bulu ini. Peneliti menyebut jika bulu-bulu itu ditemukan di dua kelompok besar dinosaurus, yakni Ornithischia yang merupakan pemakan tumbuhan dan Theropoda yang merupakan karnivora.

Temuan ini juga membawa pertanyaan baru: Benarkah reptil lain seperti buaya purba juga memiliki bulu. Seperti yang kita tahu, buaya modern sama sekali tidak memilikinya.

"Saya pikir penemuan ini makin menguatkan jika sebagian besar dinosaurus memang memiliki beberapa tipe bulu, begitu juga dengan sepupu dekat mereka," tambahnya.