Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dobrak Sejarah, SpaceX Luncurkan 64 Satelit Sekaligus

KOMPAS.com - SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 lagi Senin kemarin (3/12/2018). Peluncuran Falcon 9 kali ini terbilang spesial karena roket itu mengangkut 64 satelit sekaligus, sebuah rekor terbanyak untuk AS.

Perusahaan SpaceX yang dipimpin miliuner AS, Elon Musk, juga menandai tonggak sejarah lain dalam upaya membuat roket dapat digunakan kembali seperti pesawat terbang. Peluncuran roket mereka menggunakan pendorong daur ulang untuk ketiga kalinya.

SpaceX yang berbasis di California telah mendaratkan lebih dari 30 pendorong kembali ke Bumi dan menggunakannya kembali untuk misi selanjutnya.

Dilansir AFP, Senin (3/12/2018), di masa lalu perusahaan besar hanya menggunakan pendorong roket yang bernilai jutaan dolar AS satu kali, setelah itu ia dibuang begitu saja.

Pendaratan yang dilakukan SpaceX berjalan lancar. Beberapa menit setelah lepas landas, bagian roekt tahap pertama berpisah dengan bagian roket tahap kedua.

Pendorong kemudian melepaskan mesin dan membuat pendaratan yang terkontrol di platform Samudera Pasifik. Lihat video di bawah ini.

Sementara itu, roket tahap kedua melanjutkan perjalanan ke luar angkasa sambil membawa 15 satelit mikro dan 49 CubeSats milik 34 klien yang berbeda termasuk universitas dari 17 negara seperti Korea Selatan, Perancis, dan Kazakhstan.

Peluncuran ini disewa oleh perusahaan bernama Spaceflight, yang memiliki spesialisasi dalam ruang rideshares atau mengangkut beberapa satelit pada roket yang sama.

Satelit akan ditempatkan ke orbit selama beberapa jam berikutnya.

Tidak semua klien memiliki misi ilmiah. Misalnya museum seni nevada yang mengirimkan patung Orbital Reflector karya seniman Trevor Paglen.

"Patung Orbital Reflector dirancang mengorbit bumi selama beberapa minggu sebelum disintegrasi saat masuk kembali ke atmosfer Bumi," kata pihak museum.

https://sains.kompas.com/read/2018/12/04/190000823/dobrak-sejarah-spacex-luncurkan-64-satelit-sekaligus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke