Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

NASA Ingin Ubah Tanah Mars Jadi Bahan Bakar Roket

KOMPAS.com - Masalah paling penting dari sebuah perjalanan jauh adalah perkara bahan bakar. Apalagi jika perjalanan tersebut menuju planet lain, tentu perkara bahan bakar menjadi masalah paling krusial terutama untuk perjalanan pulang.

Untuk mengatasi hal ini, pihak Badan Antariksa AS (NASA) lewat Kurt Leucht menulis tentang bagaimana mereka bekerja keras untuk mendapat solusi potensial permasalahan ini.

Mereka berpikir salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mengekstrak tanah Mars sebagai bahan bakar roket.

Tim yang dipimpin Leucht menyebut solusi ini sebagai sistem "pemanfaatan sumber daya in situ" atau IRSU. Meski demikian dia lebih suka menyebutnya "pabrik debu sebagai pendorong (roket)".

Ide dari ISRU adalah mengekstrak air dari regolith, tanah merah khas Mars. Kemudian menggunakan elektrolisis untuk "mengupasnya" menjadi hidrogen dan oksigen.

Tim ini berencana menggabungkan hidrogen hasil proses tersebut dengan karbon dari atmosfer Planet Merah untuk menghasilkan metana. Nah, metana inilah yang menjadi bahan bakar roket untuk kembali pulang ke Bumi.

Diwartakan dari Science Alert, Kamis (01/11/2018), NASA sendiri berencana mengirim sistem ISRU menjelang misi koloni manusia di Mars. Rencananya, sistem ini akan dikirim bersama dengan robot yang akan mengumpulkan tanah dari permukaan tetangga Bumi tersebut.

"Teknologi ini suatu hari akan memungkinkan manusia untuk hidup dan bekerja di Mars," tulis Leucht.

"Dan kembali ke Bumi untuk menceritakan kisah," imbuhnya.

https://sains.kompas.com/read/2018/11/03/200600023/nasa-ingin-ubah-tanah-mars-jadi-bahan-bakar-roket

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke