Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berbatik Hitam, Jokowi Baca Puisi di Our Ocean Conference 2018

Jangan lagi punggungi lautmu,

tataplah dia

Rangkullah dia dengan hatimu

Jadikan dia sahabatmu

sahabat yang akan memberi kehidupan untuk kamu, untuk cucumu, untuk cicitmu

Laut bukan menjadi pemecah

Laut adalah pemersatu

Pemersatu jarak antara darat,

pemersatu berbagai peradaban anak manusia

laut harus menjadi samudra kesejahteraan

laut harus menjadi samudra perdamaian

rawat dan cintailah lautmu, samudramu

laut adalah masa depan

Our Ocean, Our Future

Our Ocean, Our Legacy

Begitu puisi Jokowi.

Jokowi mengatakan, laut dan samudra adalah masa depan kita.

Pasalnya, lebih dari 90 persen total volume perdagangan dunia dan 40 persen nilainya dilakukan melewati laut. Selain itu, 61 persen total hasil produksi minyak mentah dunia didistribusikan lewat laut. Kemudian, hampir setengah penduduk dunia atau sekitar 3.2 miliar jiwa juga hidup dalam radius 100 kilometer dari lautan.

Sayangnya, lautan memiliki banyak tantangan. Data Food and Agriculture Organization menyebutkan bahwa jumlah ikan yang diambil secara ilegal dari lautan Indonesia mencapai 26 juta ton atau senilai sekitar 10-23 miliar dollar AS pada 2014.

Perompakan, perdagangan manusia, penyelundupan obat-obatan dan perbudakan, serta tumpang tindih klaim maritim yang tidak diselesaikan secara negosiasi dan berdasarkan hukum internasional juga mengancam lautan.

Kesehatan laut juga dinilai memprihatinkan dengan semakin banyaknya sampah plastik, polusi, perusakan terumbu karang, dan naiknya permukaan air laut.

Untuk menyelesaikan masalah-masalah itu, Jokowi mengajak semua negara-negara di dunia untuk bekerja sama dalam mencapai sustainable development goals, khususnya terkait perlindungan laut, dan melakukan revolusi mental.

"Satu negara tidak dapat menangani tantangan yang kita hadapi, satu negara tidak dapat mengoptimalkan manfaat laut bagi masyarakat dunia," ujarnya.

Indonesia sendiri, tambah Jokowi, telah berinisiatif membuat kebijakan kelautan dan rencana aksinya.

Langkah-langkah ini termasuk meningkatkan konektivitas dengan membangun tol laut, memperkuat armada laut dan pembangunan 7 pelabuhan; dan menetapkan target pengurangan sampah di laut sebesar 70 persen pada 2025.

Indonesia juga patut berbangga karena telah berhasil mencapai kawasan konservasi laut seluas 20 juta hektar dua tahun lebih cepat dari target pada 2020.

Lalu, Indonesia juga aktif memajukan kerjasama maritim di dunia dan sedang mengembangkan konsep kerjasama Indo-pacific dengan mitra-mitra Asean.

Kepada para stakeholders yang hadir di OOC 2018, Jokowi mengatakan, kita semua harus berani membuat komitmen dan mengambil langkah-langkah konkrit, yang dimulai dari diri kita masing-masing, yang dapat dirasakan  dirasakan oleh masyarakat luas dan berdampak nyata terhadap perlindungan laut.

"Saya mendorong ooc untuk mengambil langkah dalam meningkatkan sinergi yang dilaksanakan masing-masing negara," katanya.

https://sains.kompas.com/read/2018/10/29/104842923/berbatik-hitam-jokowi-baca-puisi-di-our-ocean-conference-2018

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke