Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hanya Tersisa 6 Jenis Harimau di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

KOMPAS.com - Penelitian genetik mengenai harimau telah mengkonfimasi jika kini hanya tersisa 6 subspesies kucing besar di seluruh dunia. Enam subspesies itu adalah harimau Bengal, Amur, Cina Selatan, Sumatera, Indocina dan Malaya.

Totalnya, kurang dari 4.000 harimau tersisa di alam liar. 

Shu-Jin Luo, peneliti yang melakukan penelitian ini melacak evolusi spesies harimau menggunakan data genetika dari seluruh habitat mereka.

Selanjutnya, tim menganalisis seluruh genom dari 32 spesimen. Temuan yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Current Biology ini akhirnya berhasil menunjukkan bahwa hanya ada enam subspesies harimau.

Selain itu, mereka juga menemukan jika pola genetik subspesies sangat terstruktur. Ini menunjukkan bahwa mereka semua memiliki sejarah evolusi yang berbeda.

Misalnya saja adalah harimau Sumatra yang bertubuh kecil karena memiliki gen ADH7. Gen ini muncul karena akan mereka hidup di pulau dengan mangsa berukuran lebih kecil.

"Harimau tidak semuanya sama. Harimau dari Rusia secara evolusi berbeda dengan yang berasal dari India. Bahkan, harimau dari Malaysia dan Indonesia berbeda. Mereka mewakili keajaiban alam yang berasal dari evolusi, divergensi dan adaptasi jangka panjang," kata Luo, dikutip dari Newsweek, Kamis (25/10/2018).

Kini, pemahaman mengenai berbagai subspesies dan merencanakan strategi konservasi yang sesuai merupakan hal yang sangat penting. Tim peneliti pun merekomendasikan agar keenam subspesies ini sebaiknya segera diklasifikasikan dan dilindungi sebagai entitas yang terpisah.

Dari enam subspesies, harimau Cina Selatan sudah punah di alam liar dan hanya ada sekitar 150 individu di penangkaran. Sementara itu, harimau Indocina juga diperkirakan berada di ambang kepunahan di alam liar.

"Alasan kemerosotan harimau di seluruh dunia sangat beragam. Hilangnya habitat, serta perburuan jadi penyebabnya. Belum lagi, hal ini didorong dengan adanya pembangunan serta pertanian yang makin mendesak habitat mereka," jelas Luo.

Sebelumnya pada awal tahun 2000-an, setidaknya masih terdapat 8 subspesies yang tersisa, namun kemudian tiga di antaranya punah.

Kemudian, pada tahun 2004, Luo mengemukakan argumen bahwa tinggal 6 subspesies yang tersisa. Namun para peneliti Eropa pada 2015 justru mengelompokkan harimau menjadi dua subspesies saja.

Pertama adalah harimau Sundra yang terdiri dari harimau Sumatra, Jawa dan Bali, dua yang terakhir sudah punah. Subspesies kedua adalah harimau kontinental, yang terdiri dari sisa harimau yang ada.

"Memasukkan harimau ke dalam dua kategori membuat konservasi lebih mudah," kata Voker Homes, ahli konservasi dari Jerman saat itu.

https://sains.kompas.com/read/2018/10/26/190659423/hanya-tersisa-6-jenis-harimau-di-dunia-salah-satunya-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke