Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Riset: Rata-rata Manusia Bisa Kenali 5.000 Wajah Berbeda

KOMPAS.com - Untuk kali pertamanya, para peneliti berhasil memberikan gambaran seberapa banyak wajah yang bisa diingat oleh manusia dalam kehidupan mereka.

Studi yang dilakukan peneliti dari University of York mengungkapkan hasil yang menakjubkan. Kita ternyata memiliki kemampuan untuk mengenali wajah hingga 5.000 orang.

Temuan ini berdasarkan penelitian yang melibatkan 25 orang peserta dengan rentang usia 18 tahun hingga 61 tahun.

Peneliti menguji kemampuan peserta untuk mengenali wajah orang-orang yang mereka kenal secara pribadi serta wajah orang-orang terkenal. Mereka diminta membuat daftar orang-orang tersebut tanpa harus melampirkan nama. Sebab, penamaan merupakan hal yang terpisah dengan pengenalan secara visual.

Hasilnya, jelas kemampuan pengenalan wajah sangat bervariasi antara individu. Beberapa orang dapat mengingat sedikitnya 1.000 orang wajah dan beberapa lainnya bisa mencapai 10.000 wajah. Namun rata-rata peserta dapat mengidentifikasi hingga 5.000 wajah yang mereka kenal.

Meski begitu, memang ada suatu kondisi tertentu yang disebut prosopagnosia, juga dikenal sebagai kebutaan wajah. Kondisi ini menghalangi seseorang mengenali wajah dan dapat mempengaruhi jutaan orang.

Studi ini juga menunjukkan bahwa mekanisme yang memungkinkan orang untuk mengenali wajah dapat bervariasi antar budaya, seperti pada kasus kebutaan wajah yang cenderung terjadi lebih tinggi ketika seseorang melihat wajah dari ras lain.

Penelitian lanjutan juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah usia berperan dalam kapasitas mengingat wajah.

"Akan menarik apakah ada batasan umur bagi kita untuk mengingat jumlah wajah yang kita kenal," kata Rob Jenkins, psikolog dan ilmuwan kognitif di Departemen Psikologi University of York di Inggris.

"Tapi, hingga kini kami belum menemukan batasan serta berapa banyak wajah yang bisa diingat di otak," tambahnya seperti dikutip dari Live Science, Senin (15/10/2018).

Penelitian ini dipublikasikan online (10/10/2018) di jurnal Proceedings of the Royal Society B : Biological Sciences.

https://sains.kompas.com/read/2018/10/16/173600823/riset--rata-rata-manusia-bisa-kenali-5.000-wajah-berbeda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke