Salin Artikel

Planet Goblin Isyaratkan Adanya Planet Kesembilan yang Tersembunyi

KOMPAS.com – Para astronom baru saja menemukan sebuah planet kerdil bernama Goblin atau 2015 TG387 yang sangat-sangat jauh. Temuan ini juga mengisyaratkan adanya Planet Kesembilan yang tersembunyi.

Dunia es yang baru ditemukan ini diperkirakan berdiameter 300 kilometer dan berada pada orbit yang sangat panjang. Pada titik terdekatnya dari matahari, ia berjarak 2,5 kali jarak Pluto kepada matahari. Sementara itu, titik terjauhnya 60 kali lebih jauh dari jarak Pluto ke matahari.

Orbit ini membuat Goblin harus menghabiskan waktu 40.000 tahun untuk mengelilingi matahari sekali. Lalu 99 persen dalam perjalanannya, Goblin akan sulit untuk dilihat dari bumi.

Dilansir dari The Guardian, Selasa (2/10/2018); Goblin merupakan planet minor ketiga yang ditemukan di tata surya luar. Sebelumnya, para astronom telah menemukan Sedna dan 2012 VP113.

Temuan-temuan ini menggugah keinginan para astronom untuk mencari lebih banyak lagi obyek di tata surya luar.

“Kita baru mulai mengungkap seperti apa penampakan tata surya yang luar dan apa yang ada di sana. Kita percaya bahwa ada ribuan planet kerdil di tata surya yang jauh dan kita baru melihat ujung dari gunung esnya,” kata Scott Sheppard dari Carnegie Institution for Science di Washington DC yang menulis studi ini.

Menariknya, orbit ketiga planet minor ditemukan mengumpul seakan-akan dipengaruhi oleh pengaruh gravitasi obyek yang lebih besar. Para astronom menduga bahwa obyek misterius ini adalah Planet Kesembilan yang berukuran raksasa.

Walaupun belum pernah terlihat secara langsung, Planet Kesembilan ini telah lama diduga berada pada orbit yang jauh dari Pluto, di sebuah area misterius yang disebut Awan Oort, awan komet teoritis berbentuk bulat yang dipercayai berada sekitar 1xE15 m/50.000 hingga 1xE16 m/100.000 AU dari matahari.

Konstantin Batygin, seorang assistant professor untuk bidang ilmu planet di Caltech yang mempelajari simulasi teoritis dari adanya Planet Kesembilan, menyebut temuan ini sebagai sesuatu yang luar biasa.

Dia mengatakan, walaupun sudah berabad-abad melakukan survei, pengertian kita akan tata surya masih belum lengkap. Ini tentu menambahkan jumlah obyek yang menunjukkan pengaruh Planet Kesembilan.