Salin Artikel

Menuju Mars, Astronot akan Terpapar Radiasi Ratusan Kali Lebih Banyak

Radiasi kosmik sendiri terdiri dari partikel-partikel sangat kecil yang bergerak sangat cepat, hampir mendekati kecepatan cahaya. Radiasi ini menyebar di seluruh luar angkasa, tetapi atmosfer Bumi menghalangi kita dari dampak terburuknya.

Semakin jauh seseorang pergi dari Bumi maka akan semakin banyak radiasi kosmik yang diserap oleh tubuh, dan tubuh manusia tidak bisa bertahan dengan itu.

Artinya, akan terjadi masalah besar jika manusia pergi ke atau dari Mars.

Tapi seberapa banyak paparan radiasi yang akan diterima manusia saat ada di Mars?

Data baru dari salah satu wahana antariksa yang berada di sekitar Mars mencoba mengukur jumlah radiasi yang akan dialami oleh astronot ketika melakukan perjalanan ke planet merah.

"Dosis radiasi pada astronot yang berada di ruang antarplanet akan menjadi beberapa ratus kali lebih besar daripada dosis yang didapat oleh manusia selama periode yang sama di Bumi, dan beberapa kali lebih besar daripada dosis astronot dan kosmonot yang bekerja di Stasiun Luar Angkasa Internasional," kata Jordanka Semkova, fisikawan di Bulgarian Academy of Sciences.

"Hasil kami menunjukkan bahwa perjalanan itu sendiri akan memberikan paparan radiasi yang sangat signifikan bagi para astronot," tambahnya dilansir Space.com, Kamis (20/9/2018).

Hasil ini berdasarkan data European Space Agency's Trace Gas Orbiter, wahana antariksa yang telah mengitari Mars sejak 2016. Salah satu instrumen yang dibawanya adalah dosimeter yang telah melakukan pengukuran sepanjang perjalanan.

Menurut tim, pengukuran tersebut menunjukkan bahwa perjalanan dari dan menuju Mars akan membuat astronot terpapar sekitar 60 persen dari limit paparan yang direkomendasikan saat ini.

Ukuran yang direkomendasikan bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan usia. Namun berkisar 1 sievert untuk perempuan berusia 25 tahun hingga 4 sievert untuk pria 55 tahun. Sievert merupakan ukuran efek biologis terhadap radiasi.

Perjalanan luar angkasa nampaknya akan menjadi pekerjaan rumah yang belum akan terpecahkan dalam waktu dekat.