Salin Artikel

Pertama Kalinya Dua Robot Penjelajah Mendarat di Asteroid, Ini Misinya

Robot kecil kepunyaan Badan Antariksa Jepang (JAXA) itu mengantongi misi Hayabusa2, misi lanjutan dari misi Hayabusa untuk mengambil sampel asteorid.

Kabar tentang keberhasilan pendaratan rover mereka sudah didapat pada Jumat (21/9/2018). Akan tetapi JAXA memilih  mengkonfirmasinya pada Sabtu (22/9/2018) setelah mereka memastikan kedua robot penjelajahnya selamat saat melakukan pendaratan.

Salah satu gambar yang awal yang dikirim rover sangat buram dan tidak fokus, hal itu dikarenakan gambar diambil saat masih dalam perjalanan.

Untuk menyelesaikan pendaratan, pesawat ruang angkasa utama misi Hayabusa2 turun dengan sangat perlahan mendekati permukaann hingga tingginya berjarak 55 meter.

Setelah rover sukses mendarat di permukaan, pesawat ruang angkasa kembali naik sampai jaraknya sekitar 20 kilometer di atas permukaan asteroid.

JAXA masih memiliki dua misi lagi sebelum mereka dapat berisitirahat dengan tenang, yakni penjelajahan Hayabusa2 yang lebih besar pada bulan Oktober yang disebut MASCOT dan satu penjelajah kecil lagi tahun depan.

Sementara itu, pesawat ruang angkasa utama juga memiliki sejumlah tugas lain yang harus diselesaikan selama berada di dekat Ryugu, salah satunya mengumpulkan sampel primitif untuk dibawa pulang ke Bumi agar bisa dianalisis di laboratorium.

https://sains.kompas.com/read/2018/09/23/200000423/pertama-kalinya-dua-robot-penjelajah-mendarat-di-asteroid-ini-misinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.