Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih dari 60 Persen Spesies Penyu Punah atau Terancam Punah

Hasil yang terbit di jurnal BioScience, Rabu (12/9/2018), membahas tentang berkurangnya penyu dan peran penting yang telah dilakukan penyu untuk lingkungan.

"Tujuan studi kami adalah untuk memberi informasi ke publik tentang banyaknya peran ekologis yang dilakukan penyu dalam skala global juga keadaan buruk yang menimpa mereka," kata penulis senior Whit Gibbons, profesor emeritus dari Universitas Georgia dilansir Newsweek, Rabu (12/9/2018).

Menurut Gibbons dan timnya, populasi spesies yang menjelajah bumi selama lebih dari 200 juta tahun itu berkurang karena berbagai macam hal. Mulai dari eksploitasi besar-besaran dengan menjadikan penyu sebagai hewan peliharaan atau makanan, rusaknya habitat, dan perubahan iklim.

Perlu diketahui, perubahan iklim merupakan salah satu faktor penyebab yang penting. Sebab, ada sekitar 365 spesies penyu yang mengandalkan suhu lingkungan untuk menentukan jenis kelamin mereka.

Gibbons dan timnya juga menegaskan bahwa penyu merupakan kelompok hewan yang paling terancam punah saat ini, lebih dari mamalia, burung, amfibi atau ikan. Ada sekitar 61 persen spesies yang punah atau terancam punah.

Berkurangnya populasi penyu adalah kabar buruk untuk jaring ekologis. Karena penyu bisa menjadi omnivora, herbivora, atau karnivora, disadari atau tidak penyu berperan penting dalam mengatur struktur habitat mereka.

Selain kebiasaan makan yang beragam, penyu dan telurnya juga menjadi sumber makanan penting untuk banyak spesies. Ditambah lagi, penyu membantu penyebaran berbagai benih tanaman.

"Penyu berkontribusi pada kesehatan banyak lingkungan termasuk gurun, lahan basah, air tawar, dan ekosistem laut. Berkurangnya populasi mereka akan menimbulkan efek negatif untuk spesiel lain, termasuk manusia. Mungkin sekarang efek itu belum terlihat," imbuh rekan studi Jeffrey Lovich.

"Mari kita luangkan waktu untuk memahami penyu, sejarah alam mereka, dan peranan besar yang telah mereka sumbangkan untuk lingkungan atau membiarkan fenomena ini terus terjadi hingga kita tak lagi melihat mereka," kata ilmuwan UC Davis, Mickey Agha.


https://sains.kompas.com/read/2018/09/13/180100223/lebih-dari-60-persen-spesies-penyu-punah-atau-terancam-punah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke