Salin Artikel

TESS, Satelit Pemburu Planet Alien Milik NASA Mulai Beroperasi

Dalam pengumuman anggota tim instrumen pada Jumat (27/7/2018), Tess akan mengirim data awal ke Bumi pada bulan Agustus. Selanjutnya, TESS akan mengirim data observasi yang baru setiap 13,5 hari.

Selama masa uji coba sejak bulan Mei, TESS telah mengirimkan foto yang menunjukkan 200.000 bintang.

"Saya senang akhirnya TESS sudah mulai menyisir halaman belakang tata surya kita untuk mencari planet baru," kata Paul Hertz, Director of Astrophysics Division NASA dalam pernyataannya dilansir Space.com, Kamis (27/7/2018).

"Dengan harapan ada lebih banyak planet yang ditemukan, saya sudah membayangkan akan melihat dunia aneh dan fantastis," ungkapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, TESS diluncurkan pada 18 April 2018 ke orbit sekitar bumi, kemudian menjalani masa uji coba pada Mei.

Dalam waktu dua tahun, diharapkan TESS dapat mempelajari dan mengeksplorasi seluruh langit sekaligus.

TESS adalah penerus teleskop Kepler dan K2 yang telah menemukan hampir dua pertiga dari 3.700-an eksoplanet yang diketahui.

TESS akan memantau bintang-bintang dan mengawasi penurunan cahaya yang mengindikasi ada planet mengorbit di depannya. Tim yang merancang TESS telah mempersiapkan mesin ini dapat mendeteksi sekitar 1.600 eksoplanet baru, termasuk ukuran bumi.

Jika Kepler hanya dapat melihat sepetak kecil bagian tata surya pada satu waktu, maka TESS diprogram agar dapat mengamati segmen 24 derajat dari langit sekaligus. Ini artinya, TESS dapat memburu eksoplanet yang nampak pada 85 persen langit.

Selain itu, TESS juga berperan mencari planet berbatu yang mirip dengan bumi dan mengorbit dekat dengan Matahari.

Temuan itu nantinya akan ditindaklanjuti dengan menggunakan teleskop raksasa James webb milik NASA yang peluncurannya dijadwalkan 2020.

Teleskop James Webb yang harganya ditaksir mencapai 8,8 miliar dollar AS akan menentukan apakah planet berbatu yang ditemukan TESS dapat dihuni atau tidak.