Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

"Introvert Hangover" Normal, Ini Cara Mengatasinya

Meski sangat penyendiri, bukan berarti mereka tidak dapat bersosialisasi dan berkumpul dengan orang terdekat.

Namun, banyak orang introvert yang merasa kelelahan baik secara mental dan fisik setelah berkumpul dengan keluarga atau orang lain sepanjang hari.

Dalam dunia psikolog, ini adalah hal lumrah yang dikenal dengan istilah introvert hangover.

Dirangkum dari Business Insider, Minggu (20/5/2018), pada dasarnya fungsi otak introvert berbeda dengan otak ekstrovert.

Seorang ekstrovert memiliki ambang batas tinggi untuk dopamin dan mereka membutuhkan stimulasi spontan.

Sementara orang introvert memiliki ambang batas dopamin sangat rendah, sehingga mereka mencapai batasan tersebut lebih cepat.

Dalam beberapa kasus, seorang introvert akan memerhatikan segala macam hal dengan detail, sadar diri, mengingat kesalahan di masa lalu, dan mengambil terlalu banyak memori jangka panjang saat berbicara.

Hal itu sangat melelahkan secara emosional. Itulah mengapa orang introvert perlu memiliki waktu sendiri sebelum akhirnya berkumpul lagi dengan orang lain.

Introvert Hangover bukanlah hal buruk. Untuk mengembalikan tenaga, yang dibutuhkan adalah menyendiri dengan membaca buku, menonton film, melakukan hobi santai seperti menggambar, atau tidur untuk jangka waktu yang lama.

"Saat sedang mengalami introvert hangover, Anda dapat menggunakan waktu ini untuk mengenali diri sendiri," kata Perpetua Neo, seorang dokter psikolog kepada Business Insider.

"Ketika Anda sudah mengenal bagaimana kepribadian Anda, maka akan lebih nyaman menyampaikan pada orang lain bahwa Anda sedang mengalami introvert hangover dan butuh waktu untuk sendiri," imbuh Neo.

Neo juga mengatakan orang yang sedang mengalami introvert hangover dan memutuskan untuk tidur adalah keputusan tepat.

"Saat tidur, Anda sebenarnya mengintegrasikan semua kenangan dan membuang hal buruk yang tidak dibutuhkan. Tubuh pun melakukan detiksifikasi. Hal ini akan membantu introvert untuk menjadi lebih bijkasan, kreatif, dan fokus," tutupnya.

https://sains.kompas.com/read/2018/05/21/170000223/-introvert-hangover-normal-ini-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke