Salin Artikel

Ilmuwan NASA Pikir Pluto Harus Menjadi Planet Lagi

KOMPAS.com - Seorang peneliti di Badan Antariksa AS (NASA) baru-baru ini menuliskan opininya tentang pengklasifikasian ulang Pluto sebagai planet.

Dalam tulisannya di Washington Post tersebut, ilmuwan ini ingin mengubah klasifikasi planet. Itu agar Pluto bisa menjadi planet sekali lagi.

Ilmuwan tersebut adalah Alan Stern yang bertugas sebagai penyelidik utama NASA New Horizons.

Stern bersama koleganya, David Grinspoon, seorang ahli astrobiologi Planetary Science Institute membuat kasus agar Pluto diklasifikasikan kembali sebagai sebuah planet.

Pluto Menjadi Planet

Mereka menyebut, karakteristik Pluto yang mempunyai gunung es, gletser nitrogen, langit biru, dan awan merupakan bukti bahwa Pluto seharusnya disebut planet kembali.

Sebelumnya, pada 2006, Internasional Astronomical Union (IAU) mengubah status Pluto dari planet menjadi planet kerdil.

Dalam definisnya, IAU menggunakan tiga kriteria untuk sebuah planet.

1. Planet harus cukup besar agar gravitasinya bisa menarik dirinya ke dalam keseimbangan hidrostatik.

Karena gravitasi inilah, bentuk planet akan bulat ketika tidak berputar dan sedikit lonjong jika berputar.

2. Planet harus mengorbit pada Matahari.

3. Planet harus memiliki orbit yang jelas tanpa adapenghalang di orbit tersebut.

Kedua ilmuwan tersebut juga menentang bahwa planet kerdil tidak bisa menjadi planet.

Definisi Ulang Planet

Selain menuntut Pluto menjadi planet kembali, keduanya juga menambahkan alasan mengapa klasifikasi planet perlu didefinisikan ulang.

Dilansir dari Tech Times, Selasa (08/05/2018), keduanya mengutip fakta beberapa bulan di tata surya lebih besar dari beberapa planet. Contohnya, bulan Saturnus lebih besar daripada planet Merkurius.

Meski kurang setuju pada keputusan IAU pada 2006 tersebut, kedua ilmuwan ini setujua dengan salah satu kriteria planet dari definisi IAU.

Mereka percaya bahwa planet-planet harus dibulatkan oleh gravitasinya sendiri. Mereka juga menyebut bahwa benda-benda angkasa lain biasanya punya gravitasi yang terlalu kecil untuk membulatkan diri.