Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sakit Panggul, Igor Si Harimau Siberia Jalani Perawatan Sel Punca

KOMPAS.com – Kabar baik datang dari Hungaria. Igor, seekor harimau siberia yang tinggal di kebun binatang Hungaria, baru saja selesai menjalani perawatan sendi sel punca untuk penyakit panggulnya.

Di usianya yang ke-13, Igor telah mengalami sakit sendi panggul selama bertahun-tahun. Ia pun terpaksa harus mengonsumsi banyak obat-obatan untuk mengurangi rasa sakitnya.

Perawatan ini diharapkan dapat menyembuhkan Igor dan membiarkan hewan ini hidup dengan lebih bahagia.

Dilansir dari Reuters, Rabu (18/4/2018); perawatan yang didapat oleh Igor telah banyak digunakan oleh manusia.

Metode yang dilakukan oleh para dokter kepada Igor pun kurang lebih sama. Dr Robert Gippert, dokter hewan utama yang menangani Igor berkata bahwa selama operasi, sendi panggul Igor akan dianggap seperti sendi panggul manusia.

Pertama, mereka mengambil sedikit materi dari jaringan berlemak Igor yang mengandung sel punca regenerasi. Materi ini kemudian melalui pemurnian mekanik dan disuntikkan kembali ke sendi Igor yang mengalami gangguan.

Secara total, prosedur ini memakan waktu 45-60 menit.

“Inti dari perawatan sel punca ini adalah meningkatkan kualitas hidup pasien yang tidak bisa dibantu dengan operasi atau perawatan medis lainnya,” ujar Gippert.

Dia melanjutkan, seperti pada manusia, sendi-sendi Igor yang rusak akan sembuh karena kemampuan regenerasi sel punca, tanpa bantuan materi eksternal apa pun.

Memang, masih butuh dua hingga tiga minggu untuk memastikan keberhasilan perawatan ini. Namun, hingga saat itu tiba, Igor hanya perlu beristirahat seperti dalam foto di atas.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/24/080500323/sakit-panggul-igor-si-harimau-siberia-jalani-perawatan-sel-punca-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke