Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

1.400 Hiu Besar Berkumpul di Lautan, Ada Apa?

KOMPAS.com- Masih banyak hal yang belum kita mengerti soal perilaku hewan, seperti salah tingkah laku hiu penjemur atau basking shark yang hingga kini masih menjadi misteri.

Hiu dengan nama latin Cetorhinus maximus ini terlihat berenang dalam satu kawanan besar. Perilaku ini ditemukan secara tidak sengaja oleh peneliti saat mereka sedang mencari spesies paus terancam punah di samudra Atlantik.

Melalui udara, antara tahun 1980 hingga 2013, peneliti menemukan hiu berkumpul dalam sebuah kelompok dengan jumlah sekitar 1.400 hiu.

Dalam kehidupan laut, hal tersebut merupakan sesuatu yang aneh. Sebab, selama ini hiu penjemur dikenal sebagai ikan terbesar kedua di dunia yang biasa hidup sebagai hewan soliter alias penyendiri.

Mereka juga lebih suka menghabiskan 90 persen waktunya di dalam air, dan ketika menampakkan diri di permukaan, mereka lebih suka menyendiri.

Ada lebih dari 10.000 pengamatan yang didokumentasikan dan tidak ada yang tahu persis mengapa mereka melakukannya.

Namun, para peneliti punya beberapa teori yang dikemukakan berkaitan dengan perilaku ini. Ahli berpendapat jika perilaku tersebut berkaitan dengan musim kawin hingga semacam perlindungan ketika mencari makan.

Asumsi itu didapat berdasarkan pengamatan pada kawanan Hiu Penjemur terbesar yang terlihat di lepas pantai selatan New England pada tahun 2013 yang lalu. Peneliti berhasil mengungkap beberapa petunjuk penting.

Pakar biologi dari National Oceanic and Atmospheric Administration's Northeast Fisheries Science Center, Leah Crowe, menyebutkan jika kemungkinan besar, hiu dalam kelompok itu memakan zooplankton.

Mereka lantas memanfaatkan jumlah kawanan untuk membantu mengurangi tarikan yang disebabkan hiu ketika mereka membuka mulut saat makan.

Dengan saling berdekatan satu sama lain dalam kawanan, hiu bisa menghemat energi yang sangat dibutuhkan saat mereka makan.

Meski begitu studi ini juga punya kekurangan sebab pengamatan dilakukan melalui udara sehingga data-data yang didapat juga terbatas. Di sisi lain, Crowe tidak ingin terlalu dekat pada kawanan karena khawatir mengubah perilaku hiu-hiu ini.

"Melihat mereka dari udara itu menarik, tetapi tidak memberi tahu banyak hal mengenai faktor lingkungan, misalnya soal seberapa banyak plankton yang ada," kata Crowe.

Studi ini diterbitkan dalam Journal of Fish Biology.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/20/193300823/1.400-hiu-besar-berkumpul-di-lautan-ada-apa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke