Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Serbia-Kosovo Rujuk, Kembalikan 6 Menit yang Hilang dari Jam Eropa

KOMPAS.com – Masih ingat dengan cekcok Serbia-Kosovo pada bulan lalu yang menyebabkan jam-jam elektrik di Eropa telat enam menit?

Ceritanya, kedua negara tersebut berdebat masalah kepemilikan jaringan listrik di Kosovo yang dibangun ketika masih di bawah kepemimpinan Serbia.

Serbia yang ngambek kemudian menolak membantu Kosovo memenuhi kebutuhan listriknya, dan membuat seluruh jaringan listrik yang tersinkronisasi, yakni 25 negara di Eropa, mengalami penurunan frekuensi dari 50 Hertz menjadi 49,996 Hertz.

Penurunan frekuensi ini membuat jam-jam di perangkat elektronik melambat sebanyak enam menit.

Kini, perseteruan itu telah berakhir dan enam menit yang hilang telah dikembalikan.

Menyusul teguran dari European Network of Transmission System Operators for Electricity (ENTSO-E), Transmission System Operators (TSO) dari Serbia dan Kosovo mengonfirmasikan pada 8 Maret 2018 bahwa mereka kembali bekerja sama untuk menyamakan jaringan listriknya.

25 negara yang tergabung dalam ENTSO-E juga turut membantu dengan menaikkan frekuensi listrik menjadi 50,01 Hertz selama sebulan agar jam-jam elektrik bergerak sedikit lebih cepat dan mengompensasi waktu yang hilang.

“Salah satu efek (dari menaikkan frekuensi) adalah jam-jam digital yang dihidupkan dengan frekuensi elektrik kini kembali tepat waktu,” tulis ENTSO-E dalam siaran persnya yang dilansir oleh Ars Technica, Senin (9/4/2018).

Namun, ketepatan ini hanya jika warga tidak mempercepat jam mereka secara manual pada bulan lalu. Jika iya, maka jam mereka kini kecepatan enam menit.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/09/190500023/serbia-kosovo-rujuk-kembalikan-6-menit-yang-hilang-dari-jam-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke