Salin Artikel

Laporan Terbaru PBB: Asia Kehabisan Ikan Pada 2048

KOMPAS.com - Perubahan iklim dan pemanasan global telah lama diketahui mempengaruhi alam di berbagai belahan dunia. Bahkan, baru-baru ini Persatuan Banga-bangsa (PBB) merilis laporan terbaru tentang "kehancuran dunia" ini.

Ada empat laporan penting PBB yang dipresentasikan pada pertemuan para ilmuwan di Medellin, Colombia, Jumat (23/03/2018) lalu. Salah satunya menyebutkan kehancuran dan kemunduran keanekaragaman hayati di dunia.

Hal itu diseut-sebut sudah sangat parah sehingga membahayakan ekonomi, mata pencaharian, ketahanan pangan, akses air minum, serta kualitas hidup masyarakat dunia.

Laporan-laporan tersebut merupakan hasil pengamatan selama 3 tahun yang melibatkan 550 ahli dari leih 100 negara. Para peneliti menilai keanekaragaman hayati dan ekosistem di empat wilayah, yaitu Amerika, Asia-Pasifik, Afrika, dan Eropa-Asia Tengah.

Menurut laporan tersebut, pada tahun-tahun mendatang, perubahan iklim hanya akan memberi tekanan lebih besar terhadap keanekaragaman hayati di dunia.

Laporan ini telah diamini oleh Platform Ilmu Pengetahuan Antarpemerintah tentang Layanan Keanekaragaman Hayati dan Ekosistem (IPBES).

Para peneliti menemukan bahwa di Amerika telah terjadi penurunan 50 persen air tawar terbarukan per orang sejak 1960-an. Di Eropa, 42 spesies hewan serta tumbuhan darat cenderung menurun dalam ukuran populas pada dekade terakhir.

Jika hal ini terus berlanjut, para ilmuwan memprediksi Amerika akan kehilangan 15 persen dari tenaman dan hewan pada 2050. Di lain pihak, wilayah Asia-Pasifik akan kehabisan stok ikan karena penangkapan ikan komersil pada 2048.

Tak hanya itu, Afrika bahkan diperkirakan kehilangan separuh spesies mamalia dan burung pada 2100 mendatang.

"Keanekaragaman hayati dan alam sangat berguna bagi manusia, banyak manusia, baik dalam akademis dan kehidupan sehari-hari kita," ungkap Robert Watson, ketia IPBES dikutip dari Newsweek, Jumat (23/03/2018).

"Tidak ada yang jauh lebih benar, mereka adalah pondasi dari makanan kita, air bersih, dan energi," imbuh Watson.

Watson menambahkan, keanekaragaman hayati merupakan jantung dari kehidupan, budaya, identitas, sekaligus kenikmatan hidup manusia.

"Kita harus bertindak untuk mengentikan (kepunahan) dan mengembalikan fungsi alam yang berkelanjutan, atau ini berisiko tidak hanya untuk masa depan, tapi kehidupan yang kita jalani saat ini," tutup Watson.