Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Waspadalah Pria, Kebanyakan Nonton TV Tingkatkan Risiko Kanker Usus

Ingatkah Anda seberapa sering menonton televisi dalam satu hari? Apakah bisa lebih dari empat jam sehari? Jika iya, coba kebiasaan tersebut mulai diubah.

Sebuah temuan baru yang dilakukan peneliti Inggris baru-baru ini mengungkap bahwa menonton televisi memiliki risiko yang berbeda untuk kesehatan pria dan wanita.

Mereka menemukan, pria yang menonton televisi lebih dari empat jam sehari dapat meningkatkan risiko kanker usus, meski begitu peneliti tidak menemukan adanya risiko atau hubungan keduanya bagi wanita.

Temuan ini merupakan hasil penelitian gabungan dari Imperial College London, Universitas Oxford, dan Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC).

Mereka telah melakukan penelitian selama enam tahun yang melibatkan 2.391 peserta. Hasil yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer menyebut satu dari 200 orang berisiko memiliki kanker usus dan risikonya meningkat bagi mereka yang menonton tv lebih dari empat jam setiap hari.

Dr Neil Murphy, peneliti utama dari IARC berkata bahwa hal ini berhubungan dengan kebiasaan yang mengikuti saat kita menonton TV, seperti mengonsumsi camilan, alkohol, juga merokok berlebihan. Ia mengatakan hal tersebutlah yang memicu risiko kanker usus besar.

Selain itu, kebiasaan tersebut juga dapat memicu penambahan berat badan yang artinya penumpukan lemak di tubuh semakin banyak. Kelebihan lemak tubuh dapat memengaruhi kadar kormon dan zat kimia lain yang berkaitan dengan pertumbuhan sel. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko kanker usus.

Beruntungnya tim menemukan cara agar hal ini dapat dihindari, yakni dengan rajin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

"Ada bukti saat kita melihat iklan makanan di TV akan meningkatkan keinginan untuk makan lebih banyak dan ini memicu kelebihan berat badan," ujar profesor Linda Bauld, ahli pencegahan kanker research Inggris, dilansir Telegraph Jumat (9/3/2018).

"Sangat menarik bahwa risiko kanker usus besar hanya terjadi pada pria dan bukan wanita. Hal ini mungkin karena pria lebih banyak merokok, minum alkohol, dan makan tidak sehat saat menonton TV dibanding wanita," jelasnya.

Para ahli yang terlibat dalam penelitian menyarankan agar kebiasaan ini tetap diimbangi dengan perilaku sehat seperti menjaga berat badan, mengurangi alkohol, perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk mengurangi risiko kanker usus.

Uniknya, peneliti mengatakan bahwa risiko peningkatan kanker usus hanya terjadi saat kita banyak menonton televisi. Hal yang sama tidak terjadi saat kita terlalu banyak menatap layar komputer.

Bauld dan timnya berharap ada penelitian lebih lanjut yang dapat menjawab pertanyaan mengapa risiko kanker usus hanya terjadi saat terlalu banyak menonton TV dan tidak terjadi saat terlalu banyak ada di depan komputer.

https://sains.kompas.com/read/2018/03/09/170000123/waspadalah-pria-kebanyakan-nonton-tv-tingkatkan-risiko-kanker-usus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke