Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selfie saat Olahraga Bikin Orang Termotivasi, Kok Bisa?

Berbagai macam kegiatan diunggah di media sosial, termasuk saat sedang berolahraga. Baik kegiatan olahraganya atau hanya sekadar berswafoto usai olahraga.

Bila Anda tidak percaya, coba saja cek akun media sosial yang Anda miliki dan lihat apakah ada rekan Anda yang mengunggah aktivitas olahraganya ke media sosial, atau justru Anda juga melakukannya.

Saat Anda melihat postingan seperti itu, apa yang kira-kira Anda rasakan?

Pertanyaan itu pula yang juga ingin dijawab oleh para ahli dari Amerika Serikat, juga bagaimana dampak unggahan seseorang terhadap orang lain yang melihatnya.

Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Health Communication, Sabtu (24/2/2018), menemukan hubungan menarik antara konten kesehatan dengan orang lain yang melihatnya.

Tricia Burke, asisten profesor dari jurusan Ilmu Komunikasi di Texas State University, menemukan bukti bahwa orang yang lebih sering melihat unggahan kegiatan olahraga temannya bisa termotivasi untuk berolahraga karena berkaitan dengan harga diri.

Hasil ini ditemukan Burke dan rekannya, Stephen Rains, dari University of Arizona setelah mereka meminta 230 orang untuk  aktif di media sosial dan mengikuti konten atau teman mereka yang kerap mengunggah hal berbau kesehatan, kebugaran, berat badan selama 30 hari.

Mereka menemukan bahwa keinginan untuk melakukan olahraga makin muncul saat orang yang menonton mulai menganggap dirinya serupa dengan model dalam layar gawai.

"Kesamaan yang dirasakan akan membuat seseorang membandingkan ukuran badan, kebugaran, dan kemampuan fisik dengan model dalam gawai. Ini adalah dorongan positif agar orang mau berolahraga," kata Burke dilansir Time, Jumat (23/2/2018).

Terkait hal ini, Burke memberi saran penting bagi semua pengguna media sosial. Ia mengatakan saat kita mengunggah kegiatan di dunia maya, kita harus mampu mempertanggung jawabkannya.

"Kita harus bisa menjadi contoh yang bertanggung jawab dan dapat memberi pesan positif yang menyehatkan agar membuat orang juga mau melakukan kegiatan yang baik untuk kesehatan," katanya.

https://sains.kompas.com/read/2018/02/28/183300123/selfie-saat-olahraga-bikin-orang-termotivasi-kok-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke