Salin Artikel

Bisakah Suara Gemuruh Gunung Berapi Prediksi Letusan?

Seperti diberitakan Kompas.com sebelumnya, itu karena gunung berapi memiliki labirin yang khas dan rumit sebagai jalur magma keluar ke permukaan.

Salah satu langkah yang ditemukan para ilmuwan adalah mengamati kristal yang tumbuh dalam gunung berapi dan bekerja sebagai rekaman erupsi.

Selain menggunakan kristal gunung berapi, peneliti lain dari AS mengatakan menguping suara gemuruh gunung berapi juga bisa membantu memprediksi kapan terjadinya letusan.

"Gunung berapi pada dasarnya sangat rumit dan tidak ada cara yang bisa diterapkan untuk memprediksi kapan terjadinya letusan. Tapi, suara infrasonik bisa jadi bagian dari teka-teki tersebut," kata Eric Dunham, ahli geologi dari Universitas Standford, AS, dilansir Newsweek, Kamis (22/2/2018).

Penelitian yang diterbitkan di Geophysical Research Letters, pada Februari 2018, menggunakan data gunung berapi Villarrica di Chile, Amerika Selatan yang meletus pada Maret 2015.

Kebetulan, gunung ini meletus setelah para peneliti mulai memantau suara gemuruh infrasonik (suara dengan frekuenzi terlalu rendah yang tidak dapat didengar manusia) selama dua bulan.

Gunung api Villarrica tergolong gunung api terbuka di mana magma dapat mencapai ke permukaan lewat semua jalur ventilasi dan gas yang terus menerus bocor.

Ketika celah pada gunung berapi sudah terbuka sebenarnya ilmuwan dapat memantau danau lava pada kawah gunung untuk melihat apakah ada penurunan dan kenaikan magma secara mendadak. Ini merupakan sinyal akan terjadi sesuatu yang besar.

Namun hal ini tidak selalu mudah dilakukan. Sebab itu, tim mempelajari kemungkinan bahwa suara infrasonik yang tak terdengar dapat menghasilkan magma gerak.

Peneliti mengatakan, saat gunung Villarrica meletus, dua dari 10 monitor infrasonik yang dipasang hancur. Namun, alat yang berhasil diselamatkan menunjukkan dalam seminggu sebelum letusan terjadi suaranya meningkat.

Mereka percaya suara infrasonik merupakan salah satu rangkaian gunung api meletus. Melalui penelitian ini, para ahli berharap dapat melindungi banyak orang yang tinggal di sekitar gunung berapi.

Dalam makalahnya mereka juga menyebut bahwa pelepasan gas tertentu dan peningkatan gempa kecil merupakan peringatan lain yang mungkin diberikan oleh gunung berapi.

https://sains.kompas.com/read/2018/02/23/193000923/bisakah-suara-gemuruh-gunung-berapi-prediksi-letusan-

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.