Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Temuan Baru, Teh Buah dan Minuman Diet Bikin Gigi Makin Sensitif

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan King's College London menemukan kebiasaan ini memiliki efek buruk yang sangat merusak, yakni memicu terjadinya erosi gigi sedang atau berat sampai 11 kali lipat.

Hal yang sama juga akan terjadi jika kita kebanyakan makan keripik asin atau asam. Sebab mereka memiliki kadar asam tinggi yang bisa membuat gigi keropos.

Penelitian yang dipublikasikan di British Dental Journal menyebut bahwa masalah erosi gigi pada manusia terus mengalami peningkatan. Masalah ini diduga berkaitan dengan pola makan, misalnya banyak orang gemar mengonsumsi camilan ringan dan minuman asam.

Erosi gigi adalah terkikisnya enamel gigi yang disebabkan oleh asam. Enamel merupakan lapisan keras pelindung gigi yang melindungi dentin dan efeknya membuat gigi menguning atau sensitif.

Erosi gigi tidak sama dengan kerusakan gigi. Erosi memengaruhi seluruh permukaan gigi sementara pembusukan muncul saat terjadi rongga atau lubang pada gigi.

"Sudah dibuktikan bahwa mengonsumsi makanan asam berkaitan dengan erosi gigi dan penelitian kami berhasil menunjukkan dampak dari makanan dan minuman asam," kata Dr Saoirse O'Toole dilansir Telegraph, Jumat (23/2/2018).

Dengan masalah erosi gigi yang meningkat, peneliti mengungkapkan sangat penting untuk mengetahui cara pencegahannya.

"Salah satunya dengan mengurangi asupan asam untuk menunda terjadinya erosi gigi," sambungnya.

Tak hanya makan sambil minum minuman asam saja yang berisiko tinggi mengalami masalah erosi gigi. Temuan ini juga menyebut bagaimana cara kita mengonsumsi minuman asam dapat berpengaruh.

"Saat minum minuman asam, banyak orang akan menyeruput dan menahan minuman di mulut sebelum akhirnya ditelan. Hal ini akan meningkatkan risiko erosi gigi tadi," katanya.

Minuman seperti minuman diet, teh buah yang memiliki kandungan lemon dan berry, termasuk juga jahe memiliki kandungan kadar asam yang tinggi.

Walaupun minuman asam dipercaya dapat menurunkan berat badan, namun mereka juga mampu meningkatkan masalah pada gigi.

https://sains.kompas.com/read/2018/02/23/123000123/temuan-baru-teh-buah-dan-minuman-diet-bikin-gigi-makin-sensitif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke