Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kopi dan Teh Tidak Dilarang bagi Penderita Batu Ginjal, asal...

KOMPAS.com -- Hery Tiera, dokter spesialis urologi, tidak melarang penderita batu ginjal mengonsumsi teh dan kopi.  Namun, terdapat aturan yang harus diikuti pasien batu ginjal.

“Kopi dan teh konsentrasinya lebih pekat. Supersaturasi urin berpeluang besar terjadinya endapan. Sedimentasi batu ginjal,” kata dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini dalam acara Diskusi Media yang dihelat Rumah Sakit Pondok Indah Grup pada Selasa (13/2/2018).

Teh mengandung oksalat. Oksalat yang gagal diekskresikan tubuh lewat kencing akan mengendap menjadi batu ginjal. Sementara itu, kafein yang terdapat dalam kopi menaikkan kadar ekskresi kalsium dalam ginjal.

Hery meminta penderita batu ginjal untuk memenuhi kebutuhan 2,5 liter konsumsi air putih sebelum meminum kopi dan  teh. “Tidak apa-apa minum kopi dan teh, asalkan sudah minum 2,5 liter air putih dulu,” katanya.

Asupan air putih yang minim memicu timbulnya urin yang yang terlalu pekat. Kepekatan tersebut menandakan urin menyimpan mineral penyebab batu ginjal berlebih. Mineral seperti oksalat, kalsium, fosfat, dan asam urat mengeras menjadi batu ginjal.

Oleh karena itu, Hery meminta penderita batu ginjal yang gemar mengonsumsi kopi dan teh mengimbangi dengan suplai air putih yang banyak.

Olahraga sebagai aktivitas penunjang juga bisa dilakukan penderita batu ginjal yang tetap ingin mengonsumsi teh dan kopi. Gerakan aktif selama olahraga dikatakan Hery mampu memindahkan posisi batu ginjal hingga akhirnya terdorong keluar dari saluran ureter bersama urin yang dibuang.

Lalu, penderita batu ginjal harus mulai mengontrol konsumsi makanan yang mengandung asam urat, kalsium, fosfat, dan oksalat.

Makanan yang mengandung asam urat, seperti emping melinjo, biji-bijian, sayuran warna hijau, dan jeroan, harus dikurangi untuk mencegah terbentuknya batu ginjal.

Daging merah, seperti daging kambing, babi, dan sapi, juga mesti dibatasi konsumsinya karena mengandung oksalat yang akan mengendap menjadi batu ginjal. Oksalat juga ditemukan dalam stroberi dan coklat.

“Makanan yang mengandung mineral pencetus kristal batu ginjal jangan kebanyakan dikonsumsi. Jangan tiap hari memakannya,” ujar Hery.

https://sains.kompas.com/read/2018/02/14/163500423/kopi-dan-teh-tidak-dilarang-bagi-penderita-batu-ginjal-asal-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke