Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Tesla dan Starman Tertangkap Kamera Menjauhi Bumi

KOMPAS.com -- Mobil merah milik Elon Musk terdeteksi sedang meluncur di luar angkasa di antara jutaan bintang.

Astronom berhasil merekam peristiwa bersejarah ini pada hari Kamis (8/2/2018). Mobil Tesla Roadster dan si manekin Starman terekam teleskop milik NASA sedang melayang menjauhi bumi.

"Kedua obyek ini sedang menyusuri orbitnya yang mengelilingi Matahari dan menjangkau orbit Mars setelah diluncurkan dengan roket Falcon Heavy pada Rabu dini hari (7/2/2018)," kata Marufin Sudibyo,astronom amatir, Jumat (9/2/20018).

Marufin menambahkan bahwa kedua obyek tersebut berada di jarak 520.000 kilometer dari bumi atau sedikit lebih jauh dari bulan.

Sementara itu, astronom Gianluca Masi dan Michael Schwartz menggunakan teleskop di Laboratorium Jet Propulsion di NASA untuk merekam bintik putih yang bergerak di radar mereka.

"Momen ini membuat penjelajahan luar angkasa menjadi menarik untuk dibahas oleh semua orang. Mudah-mudahan, momen ini akan membantu mewujudkan keinginan dan harapan kita untuk segera mencapai Mars," kata Masi kepada Newsweek, Kamis (8/2/2018).

Pada hari Selasa (7/2/2018), Space X meluncurkan roket Falcon Heavy dengan membawa sebuah mobil sport CEO Space X dan sebuah manekin Starman sebagai pilotnya. Elon Musk, CEO Space X dan sekaligus pemilik mobil, menuliskan momen bersejarah tersebut dalam akun Twitter-nya.

Roket Falcon Heavy merupakan roket terkuat di dunia saat ini. Kekuatan roket pendorongnya setara dengan 18 pesawat Boeing 747 dan tenaganya sama dengan dua kali roket pesaingnya.

https://sains.kompas.com/read/2018/02/10/190800923/mobil-tesla-dan-starman-tertangkap-kamera-menjauhi-bumi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke