Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hadapi Hujan Ekstrem, Ini Saran BMKG

Melihat kondisi tersebut, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat untuk lebih –lebih berhati.

BMKG merekomendasikan langkah-langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam mewaspadai cuaca ekstrem. Hal ini dibahas pada acara Evaluasi Cuaca Ekstrem pada Selasa (6/2/2018) di gedung BMKG Pusat, Jakarta.

Lewat video konferensi dari Medan, Dwikorita Karnawati selaku Kepala BMKG Pusat mengimbau masyarakat tetap berjaga-jaga dengan kemungkinan terjadinya bencana banjir, longsor, dan genangan. Utamanya masyarakat yang mendiami wiayah dengan potensi hujan deras dan daerah rawan banjir serta longsor.

Hujan yang dibarengi dengan angin kencang dikhawatirkan dapat menumbangkan pohon atau mengambrukkan baliho. “Masyarakat jangan berteduh di bawah pohon apabila hujan disertai petir atau kilat,” ujar Dwikorita.

Cuaca ekstrem turut mempengaruhi gelombang laut. Ini berbahaya bagi masyarakat di sekitar pesisir. Para nelayan dengan kapal kecil akan lebih mudah terombang-ambing di perairan saat hujan turun dengan tiupan angina yang kencang.

Widada Sulistya, Sekretaris Utama BMKG Pusat ikut menambahkan, pohon-pohon baiknya dikurangi tingginya. Namun ia tidak menyuruh untuk menebangnya. Pohon yang tidak dipangkas dikhawatirkan tumbang.

“Kalau Anda tidak yakin peralatan elektronik bebas dari sambaran petik, ada baiknya dimatikan ketika keluar rumah, saat periode cuaca ekstrem,” kata Widada.

Dijelaskan Widada, cuaca ekstrem yang berlangsung di Indonesia disebabkan kuatnya pergerakan laju angina baratan serta persinggungan antara angina baratan dengan angin dari luar Asia. Untuk angin kencang terbentuk karena perkembangan awan Cumulonimbus (Cb).

https://sains.kompas.com/read/2018/02/07/114416423/hadapi-hujan-ekstrem-ini-saran-bmkg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke