Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alba, Orangutan Albino Satu-satunya Akan Punya Pulau Sendiri

Setelah ditemukan, orangutan yang diberi nama Alba, dalam bahasa latin berarti putih, tinggal di penangkaran Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS), Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah.

Menurut National Institutes of Health, Alba memiliki mutasi genetik langka yang memengaruhi produksi melanin atau pigmen warna gelap. Akibatnya, dia kekurangan warna gelap yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata.

Kondisi tersebut menjadikannya kasus yang sangat langka sehingga BOS merasa perlu strategi rehabilitasi yang direncanakan dengan matang sejak awal.

Untuk itu, sebuah pulau buatan seluas 10 hektar di Kalimantan sedang dipersiapkan untuk tempat tinggal baru Alba. Rencananya, pulau tersebut akan ditinggali Juni 2018 nanti bersama tiga ekor orangutan lain yang sudah akrab dengan Alba.

Mereka adalah Radmala, orangutan betina berusia 4 tahun; Kika, orangutan betina usia 6 tahun; dan Unyu, orangutan jantan berusia 4 tahun.

Dalam keterangan resmi yang dikeluarkan BOS, Rabu (17/1/2018), rumah baru ini sangat diperlukan untuk kelangsungan dan keamanan Alba.

Mengingat kelainan albinisme seperti yang diderita Alba dapat menyebabkan penglihatan yang buruk, pendengaran kurang tajam, dan kanker kulit; Alba lebih rentan terhadap perburuan atau predasi.

Untuk menjamin keamanan mereka, pulau buatan tersebut dikelilingi oleh kanal yang bertujuan sebagai penghalang antara orangutan dan dunia luar. Kanal tersebut sudah rampung akhir 2017 lalu.

"Kelak di pulau suaka tersebut, Alba dan teman-temannya ini akan dipantau dan dijaga sepanjang waktu oleh staf yang akan melakukan patroli teratur keliling pulau sekaligus mengumpulkan data kesehatan dan perilaku ketiganya," jelas BOS.

"Selain itu, staf kami akan mencatat para orangutan yang mendatangi panggung tempat pemberian pakan (feeding platform) dua kali dalam sehari," imbuhnya.

Sampai saat ini, pengerjaan pemasangan fasilitas keamanan dan monitoring masih dikerjakan, dan ditargetkan selesai bulan Februari 2018.

Ini kegiatan Alba di penangkaran.

https://sains.kompas.com/read/2018/01/19/200500623/alba-orangutan-albino-satu-satunya-akan-punya-pulau-sendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke