Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

17 Foto Menakjubkan Bumi Dilihat dari Antariksa Sepanjang 2017

17 Foto yang dipilih merupakan hasil jepretan para astronot dari Stasiuan Luar Angkasa Internasional (ISS) dan beberapa satelit pengamat bumi lainnya.

Para ilmuwan dari Earth Science and Remote Sensing Unit di Johnson Space Center NASA di Houston secara khusus memilih foto-foto tersebut. NASA merangkumnya dalam bentuk video berdurasi 2 menit 35 detik dan dapat dilihat di link ini.

Seperti dikutip di SPACE pada Jumat (29/12/2017) para astronot juga memantau pergerakan badai besar yang menyerang melalui Samudera Atlantik, lalu membantu pemulihan untuk daerah-daerah yang terkena dampak badai tersebut. Gambar kondisi Bumi dari satelit juga membantu organisasi darurat untuk memantau kebakaran di California.

Berikut 17 foto dari NASA selama 2017:

1. Foto mata badai Jose saat mencapai puncaknya dengan kecepatan angin 249,5 km/jam yang menerjang Puerto Riko dan Lesser Antilles.

2. Jejaring lampu saat malam hari yang nyaris tak terputus membentang dari Philadelphia sampai Hartford.

3. Kondisi lahan yang dilindungi berada di samping operasi penebangan kayu di Idaho.

4. Operasi ekstraksi pupuk menambah warna yang berbeda pada lanskap di negara bagian Utah.

5. Penampakan kondisi geologis di area vulkanik di Sudan barat yang memiliki hampir 700 ventilasi dan kawah.

6. Suasana malam di beberapa kota tua di Eropa barat laut.

7. Selama di luar angkasa, astronot melihat enam belas kali matahari hari terbit setiap 24 jam. Ini foto sunrise di Laut Filipina.

8. Gunung Etna di Sisilia, gunung berapi yang paling konsisten aktif di dunia, memiliki catatan letusan bersejarah sejak 1500 SM.

9. Muara Betsiboka di pantai barat laut Madagaskar adalah mulut sungai terbesar Madagaskar dan salah satu garis pantai yang berubah dengan cepat di dunia.

10. Pulau Hawaii adalah kanvas lingkungan yang luas dari gurun pasir hingga hutan hujan sampai ketinggian pegunungan yang membeku.

11. Foto malam hari di Kota Naples yang menggambarkan kemajuan pembangunan berada di samping gunung berapi aktif Vusuvius di daratan Eropa.

12. Pulau karang yang terangkat ini membungkus di sekitar laguna biru cerah dalam bentuk formasi berbentuk cincin atol. Atol seperti ini biasanya merupakan indikasi adanya gunung api punah atau lapisan bawah yang mengikis di bawah permukaan air.

13. Bukit Dunes tumbuh di bukit pasir di Namibia, salah satu tempat paling spektakuler di Bumi menurut para astronot.

14. Es pecah di permukaan Danau Alakol di Kazhakstan saat suhu mulai menghangat menjelang musim semi dan setelah musim dingin yang membeku. Danau itu terletak di lembah sempit yang dikenal dengan sebutan Gerbang Dzungarian, yang menghubungkan Cina dengan Asia Tengah dan membentang sejauh 4,828 kilometer.

16. Di antara pandangan Bumi yang diberikan astronot di luar Stasiun Luar Angkasa Internasional, pastinya salah satu yang paling spektakuler adalah aurora borealis di Kanada.

17. Kondisi Shelterbelts dan penahan angin yang digunakan untuk melindungi dan melestarikan lahan pertanian di Rusia Selatan.

https://sains.kompas.com/read/2017/12/30/185628623/17-foto-menakjubkan-bumi-dilihat-dari-antariksa-sepanjang-2017

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke