Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selain Tingkatkan IQ, Ikan Terbukti Memperbaiki Kualitas Tidur Anak

Fakta tersebut baru-baru ini ditemukan oleh periset asal Universitas Pennsylvania, AS. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports mengungkap bahwa anak yang mengonsumsi ikan minimal seminggu sekali dapat memperbaiki kualitas tidur dan memiliki IQ lebih tinggi.

Peneliti lebih menyarankan orangtua untuk mengubah pola makan anak dibanding memaksa tidur. Sebab, keuntungan yang didapat bisa dua sekaligus.

Mereka percaya, bahwa tidur yang nyenyak dipengaruhi juga oleh omega 3 yang dapat meningkatkan IQ.

"Mengonsumsi ikan jauh lebih mudah dibanding memaksa anak-anak untuk tidur. Dengan begitu anak bisa tidur nyenyak dan kinerja kognitifnya meningkat. Ini pukulan ganda," kata profesor Adrian Raine, dikutip dari Telegraph, Kamis (21/12/2017).

Penelitian ini diujikan pada 541 anak sekolah yang berusia sembilan sampai 11 tahun. Mereka diminta mengisi survei terkait seberapa banyak mereka mengonsumsi ikan. Setelah itu peneliti mengukur kualitas IQ anak-anak dan para orangtua ditanya terkait kualitas tidur anak mereka.

Tim peneliti menemukan, anak-anak yang mengaku makan ikan minimal seminggu sekali memiliki nilai ujian IQ rata-rata 4.8 poin lebih tinggi dibanding anak-anak yang tidak pernah mengonsumsi ikan.

Sementara itu, anak-anak yang makan ikannya jarang, unggul 3.8 poin dibanding yang sama sekali tidak makan ikan.

Para peneliti juga mengindikasi kualitas tidur yang jauh lebih baik saat anak mengonsumsi ikan. Dalam artian, anak-anak bisa tidur nyenyak dan sedikit mengalami gangguan tidur.

Konsumsi ikan baiknya dimulai sejak dini. Setidaknya saat anak berusia dua tahun, mereka sudah mulai diberi makan ikan. Para peneliti menyarankan secara bertahap untuk menambahkan ikan dalam makanan anak dari waktu ke waktu.

"Ini menambah bukti bahwa mengonsumsi ikan memiliki manfaat kesehatan yang positif dan harus lebih banyak dilakukan," imbuh Dr Jennifer Pinto-Martin.

"Ini benar-benar harus menjadi upaya terpadu terutama dalam budaya di mana ikan tidak biasa disajikan karena berbau. Anak-anak peka pada bau. Jika mereka tidak biasa (mencium bau ikan), mungkin mereka akan menghindari (makan ikan)," sambungnya.

https://sains.kompas.com/read/2017/12/23/120700023/selain-tingkatkan-iq-ikan-terbukti-memperbaiki-kualitas-tidur-anak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke