Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengerikan, Lima Manta Terjerat Jaring Penghalau Hiu di Australia

KOMPAS.com - Pemandangan mengeringakn tentang kehidupan laut kembali menarik perhatian. Kali ini lima manta (ikan pari) besar terjerat dalam jaring ikan hiu di Australia.

Hal ini kemudian menimbulkan perdebatan tentang metode melindungi pantai-pantai di benua kangguru tersebut.

Sebelumnya, sebuah penyelidikan parlemen telah mengungkapkan bahwa jaring ikan hiu tidak aman untuk kehidupan laut dan harus dibuang. Beberapa hari setelah penyelidikan tersebut, Sea Shepherd, sebuah konservasi laut merilis rekaman manta yang tertangkap sebuah jaring di Ballina, Australia timur.

"Untuk melihat hewan-hewan yang masih hidup dan berjuang keluar dari jaring sangat sulit," ungkap Leigha Aitken, anggota dari Sea Shepherd dikutip dari The Telegraph, Jumat (15/12/2017).

"Ini mengerikan. Dengan manta di seluruh sayap, ekor, dan leher mereka (terjerat jaring)," imbuhnya.

Rekaman tersebut mengikuti debat baru tentang bagaimana melindungi pantai Australia tanpa membahayakan kehidupan laut.

Sebuah penyelidikan baru-baru ini menyebut bahwa banyak negara menggunakan jaring ikan hiu untuk mencegah ikan pemangsa itu masuk ke daerah di mana manusia berenang. Padahal ada cara alternatif seperti penggunaan teknologi sonar dan drone.

Usulan penggunaan pelampung sonar misalnya, dapat membantu mengidentifikasi spesies laut yang berbeda. Ini dapat membuat para penjaga panta waspada melalui smartphone mereka jika ada hiu yang mendekat.

Usulan lainnya termasuk perangkat "perisai" yang bisa menempel di papan selancar atau peralatan selam. "Perisai" ini nantinya akan mengirimkan sinyal listrik untuk mencegah hiu mendekat.

Selain itu, pihak berwenang Australia juga telah mengerahkan drone untuk melacak hiu di pantai-pantai terkenal. Sayangnya, masih banyak saja pendukung jaring tradisional.

Salah satu pendukung penggunaan jaring adalah David Wright, walikota Ballina. Ia mengatakan jaring merupakan upaya pencegahan dari serangan hiu.

"Jaring menurut keyakinan saya tidak ada di sana untuk menangkap hiu melainkan mencegahnya jika memungkinkan," kata Wright.

"Saya telah melihat banyak rekaman (pemerintah) yang menunjukkan hiu akan berenang di sepanjang jaring dan kemudian pergi karena merekamelihatnya sebagai penghalang," imbuhnya.

https://sains.kompas.com/read/2017/12/18/080000423/mengerikan-lima-manta-terjerat-jaring-penghalau-hiu-di-australia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke