Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Wanita Harus Tahu, Jaga Berat Badan Bisa Cegah Kanker Payudara

KOMPAS.com - Kanker payudara merupakan salah satu mimpi buruk bagi semua perempuan. Tapi kini para ilmuwan temukan cara mengurangi risikonya.

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan mengurangi berat badan dapat hingga 30 persen dapat mengurangi risiko kanker payudara hingga sepertiga. Intinya, diet sederhana dan efektif mengurangi resiko penyakit kanker payudara. 

Hal tersebut disampaikan oleh para peneliti Amerika Serikat setelah meneliti lebih dari 61.000 wanita berusia 50 hingga 79 tahun dalam kurun waktu 11 tahun.

Mereka mendapat data bahwa orang yang kehilangan 5 persen dari berat badannya memperlihatkan penurunan risiko kanker payudara. Bahkan, penurunan risiko kanker yang mereka alami tercatat hingga 12 persen.

Tak hanya itu, bagi wanita yang telah menopause, risiko kanker payudara turun hingga 37 persen. Dengan catatan, mereka kehilangan berat badan 15 persen.

Dr.Rowan Chlebowski dari Departemen Onkologi Medis dan Penelitian Terapeutik di City of Hope, California menyebutkan penurunan berat badan yang relatif tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan signifikan terjangkit kanker payudara.

"Dari penelitian ini, kami memiliki bukti bahwa strategi penurunan berat badan dapat efektif dalam menurunkan risiko kanker payudara pada wanita pasca-menopause," ungkap Chlebowski dikutip dari The Telegraph, Jumat (8/12/2017).

Temuan yang dipresentasikan dalam Simposium Kanker Payudara di San Antonio itu juga mendapat tanggapan dari Baroness Delyth Morgan, kepala Eksekutif di Breast Cancer Now.

Morgan menganggap penemuan tersebut dapat menyelamatkan nyawa banyak orang.

"Penelitian penting ini memberikan hasil yang lebih jauh, bukti jelas bahwa wanita pasca-menopause dapat secara signifikan mengurangi risiko kanker payudara dengan cara menurunkan berat badan," ungkap Morgan.

"Risiko kanker payudara meningkat seiring bertambahnya usia. Kelebihan berat badan pasca-menopause meningkatkan risiko penyakit tersebut, kemungkinan karena jaringan lemak menjadi sumber utama esterogen wanita pasca-menopause," imbuhnya.

Karena itu, Morgan menyampaikan bahwa semakin sedikit lemak yang dimiliki maka semakin sedikit level esterogen pada wanita. Hal ini dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Selain itu, Morgan juga menyebut peningkatan kebugaran dan mengurangi konsumsi alkohol dapat menurunkan risiko kanker payudara. 

https://sains.kompas.com/read/2017/12/11/124428623/wanita-harus-tahu-jaga-berat-badan-bisa-cegah-kanker-payudara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke