Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lebih Kuat dari Atlet Dayung, Apa Rahasia Perempuan Prasejarah?

KOMPAS.com - Di masa ini, mungkin orang akan berasumsi bahwa perempuan dengan lengan terkuat adalah para atlet dayung. Bagaimana tidak, setiap hari mereka mengoptimalkan gerak tangan untuk menggerakkan perahu.

Namun, temuan terbaru di dunia sains mengungkapkan bahwa lengan pendayung pada masa kini tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan lengan perempuan dari zaman prasejarah.

Dalam penelitian yang sudah diterbitkan di jurnal Science Advances minggu ini, para periset dari Departemen Arkeologi Universitas Cambridge telah membandingkan tulang belulang perempuan purba yang tinggal di Eropa Tengah pada masa awal mengenal pertanian, sekitar 6.000 tahun lalu, dengan atlet di masa ini yang masih hidup.

Sampai saat ini, investigasi perilaku masa lalu hanya membandingkan tulang perempuan dengan tulang laki-laki dari masa dan wilayah yang sama. Penelitian ini merupakan studi pertama yang membandingkan tulang perempuan prasejarah dengan tulang perempuan yang masih hidup.

Baca Juga : Kisah Nyata Virsaviya, Anak Perempuan dengan Jantung di Luar Dada

Dr Alison Macintosh, penulis utama studi ini seperti dikutip dari Science Daily, Rabu (29/11/2017), mengatakan, dengan menafsirkan tulang perempuan dalam konteks spesifiknya, kita dapat melihat seberapa intensif, bervariasi, dan melelahkannya perilaku mereka. Hal ini mengisyaratkan sejarah tersembunyi dari pekerjaan perempuan ribuan tahun lalu.

Penelitian yang merupakan bagian dari proyek ADaPT (Adaptasi, Dispersal, dan Fenotip) yang didanai European Research Council ini menggunakan pemindai CT kecil di laboratorium PAVE Cambridge untuk menganalisa lengan atas (humerus) dan tulang kering (tibia) pada atlet perempuan yang masih hidup.

Kekuatan tulang perempuan modern ini dibandingkan dengan perempuan dari era pertanian Neolitikum awal sampai kelompok petani di abad pertengahan.

"Sangat mudah untuk melupakan bahwa tulang adalah jaringan hidup yang merespons kerasnya apa yang terjadi pada tubuh kita. Dampak fisik dan aktivitas otot membuat tulang tertekan dan berubah bentuk, seperti kelengkungan, ketebalan, dan kerapatan dari waktu ke waktu sebagai hasil dari tekanan yang terus didapat berulang," ujar Macintosh.

Baca Juga : Penasaran dengan Isi Otak Perempuan Saat Orgasme? Sains Menunjukkannya

"Dengan menganalisa karakteristik tulang atlet yang kita tahu spesialisasinya dan membandingkan karakteristiknya dengan tulang purba, kita bisa mulai menafsirkan jenis-jenis pekerjaan atau kegiatan apa saja yang dilakukan nenek moyang kita," sambungnya.

Setelah melakukan penelitian selama tiga minggu, para peneliti menemukan bahwa para perempuan yang hidup 7400 sampai 7000 tahun lalu memiliki kekuatan kaki yang sama dengan pendayung, tetapi lengannya 11-16 persen lebih kuat dari pendayung dan 30 persen lebih kuat dari mahasiswa pada umumnya.

Pada perempuan yang hidup di masa perunggu (4300-3500 tahun yang lalu) juga lebih kuat. Mereka memiliki tulang lengan 9-13 persen lebih kuat dari pendayung.

Para peneliti menduga bahwa perbedaan signifikan ini disebabkan oleh kegiatan yang dilakukan perempuan purba tanpa adanya alat-alat modern.

"Kami tidak dapat mengatakan secara khusus kegiatan apa yang menyebabkan perbedaan tulang. Namun, aktivitas utama di awal masa pertanian adalah mengubah gandum menjadi tepung. Mungkin ini yang dilakukan para perempuan purba," kata Macintosh.

"Sebelum penemuan bajak, pertanian subsistem melibatkan penanaman secara manual untuk mengolah dan memanen semua tanaman. Perempuan dulu juga mengambil makanan dan air untuk ternak rumah tangga, mengolah susu dan daging, dan mengubah kulit dan wol menjadi tekstil," jelasnya.

Dari penelitian ini, Dr Jay Stock, peneliti senior yang juga ikut bergabung dalam tim menambahkan bahwa pekerjaan manual yang dilakukan perempuan di masa prasejarah adalah pendorong penting dalam ekonomi awal pertaian.

"Penelitian ini menunjukkan apa yang dapat kita pelajari tentang masa lalu manusia melalui pemahaman manusia yang lebih baik hari ini," kata Stock.

https://sains.kompas.com/read/2017/11/30/210500723/lebih-kuat-dari-atlet-dayung-apa-rahasia-perempuan-prasejarah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke